Connect with us

Daerah

Kompak, TNI, Polisi, Banser, Hingga Pesilat Amanakan 200 Gereja di Surabaya

JARRAK.ID

Published

on

Illustrasi/Net

SURABAYA – JARRAK.ID – Setelah peristiwa bom bunuh diri gereja yang menewaskan banyak korban, Polrestabes Surabaya terus melakukan patroli lebih 200 gereja yang ada di Kota Pahlawan ini.

Patroli ini dilakukan jajaran kepolisian untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi umat nasrani melakukan ibadah. Artinya, fobia pasca peristiwa bom tidak terus-menerus menjadi ketakutan masyarakat Surabaya.

Diberitakan detikcom, sejak pukul 06.00 WIB, Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Rudi Setiawan, bersama jajaran berkeliling ke beberapa gereja untuk mengecek kesiapan umat nasrani untuk beribadah.

“Sebagaimana biasanya umat nasrani melakukan ibadah misa yang dilakukan mulai jam 06.00 WIB dan ada yang dilakukan di sore hari. Kepolisian berkewajiban melakukan pengamanan,” kata Rudi Setiawan saat mengunjungi Gereja Mawar Sharoon di ITC Mall, Minggu (27/5/2018).

Menurut Rudi, pengamanan di beberapa gereja di Surabaya tidak hanya dilakukan oleh pihak kepolisian. TNI, Satpol PP, Banser, pesilat juga melakukan pengamanan. Bahkan, beberapa elemen masyarakat pun turut hadir memberikan dukungan.

“Seperti terlihat tadi ada dari komponen masyarakat seperti Banser, pesilat, mereka juga ikut serta membantu melakukan pengamanan di sini,” ungkap Rudi.

Pengamanan itu dilakukan dengan memeriksa setiap orang atau jemaah dengan alat detektor untuk mengecek tiap orang yang akan masuk gereja.

“Tadi untuk wanita dilakukan pemeriksaan badan. Ini perlu untuk memeriksa barang-barang bawaannya. Siapa saja baik itu jemaah tetap dilakukan pemeriksaan. Supaya kita memastikan bahwa tidak ada barang-barang terlarang yang di bawah,” ujar Rudi.

Rudi menjelaskan, lebih dari 200 gereja yang ada di Kota Surabaya, mendapatkan pengamanan yang sama. Menurutnya, pengamanan ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Semua gereja kita jaga semua. Saya juga sudah mengintruksikan perwira-perwira untuk ikut menjaga di setiap gereja di wilayahnya masing-masing dengan dipimpin oleh kapolsek-kapolsek langsung,” pungkasnya.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer