Connect with us

Mancanegara

Kisah Heroik Penyelam Korbankan Nyawa Demi Selamatkan 13 Orang yang Terjebak di Gua Thailand

JARRAK.ID

Published

on

(Foto: AFP PHOTO / THAI NEWS PIX / Panumas SANGUANWONG)

BANGKOK – JARRAK.ID – Terselip cerita memilukan dalam aksi penyelamatan 13 orang yang diketahui sedang terjebak di dalam dua di Thailand. Seorang penyelam yang juga mantan militer dikabarkan meninggal dunia demi memastikan 13 orang selamat.

Penyelam itu bernama Saman Gunan (38). Dia adalah mantan penyelam Angkatan Laut Thailand yang terakhir berpangkat sersan mayor. Meski sudah mengundurkan diri dari angkatan laut, Saman secara sukarela kembali bergabung dengan rekan-rekannya dalam operasi SAR di gua tersebut.

Saman diketahui kehilangan kesadaran lalu sesaat kemudian tenggelam saat hendak keluar dari Gua Tham Luang pasca mengirim pasokan pembekalan bagi 13 korban yang masih terjebak di dalam gua.

“Tugasnya adalah mengirim oksigen. Sayangnya dia tidak membawa cukup oksigen untuk dirinya sendiri saat ke luar gua,” kata otoritas tim penyelamat seperti dilansir BBC.

Kematian Saman menjadi bukti betapa berbahayanya gua tempat 13 orang itu terjebak. Kompleks gua Tham Luang tersebut ibarat sistem labirin dengan celah beragam ukuran. Ketinggian beberapa celah melebihi 10 meter, sedangkan celah lainnya begitu sempit dan direndam air.

Jenazah Salman dimakamkan di sebuah kuil di provinsi Rot Et. Bendera Thailand diletakkan di atas peti matinya.

Keluarga Saman lalu bicara soal sosok pria tersebut. Sang istri menceritakan bagaimana Saman selalu mengungkapkan rasa cintanya.

“Saman pernah mengatakan kita tidak akan pernah tahu kapan kita meninggal. Kita tidak bisa mengontrolnya. Jadi, kita harus menikmati setiap harinya,” kata istri Salman, Waleeporn Gunan kepada BBC.

Baca Juga:  Setelah Jadi Perhatian Dunia, Kisah 12 Remaja yang Terjebak di Gua Thailand Akan Diangkat Dalam Film

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer