Connect with us

Daerah

KIPP: Di Jatim Ada Surat Suara Didistribusikan Pakai Kardus Mie

JARRAK.ID

Published

on

Ilustrasi (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Sejumlah laporan kasus pendistribusian surat suara di Pilkada berbagai daerah diuangkap oleh Sekretaris Jenderal Komite Independen Pemantau Pemilu, Kaka Suminta.

Salah satunya kata Kaka terjadi di Jawa Timur, dimana terdapat surat suara yang pengirimanya terpisah dari kotak suara yang seharusnya digunakan. Bahkan yang lebih miris pengiriman tersebut menggunakan kardus mie instan.

“Di daerah Jawa Timur ada surat suara yang dikirim dengan kardus mi instan dan air mineral,” kata Kaka saat ditemui di kantor Kode Inisiatif, Tebet, Jakarta Selatan pada Minggu, (24/06/2018).

Mengacu pada peraturan seharusnya, Logistik Pemilu/Pemilihan, surat suara, formulir, dan logistik lainnya seharusnya dikirim bersamaan. Semua perlengkapan dan logistik pemilu tersebut harus ditaruh dalam kotak suara yang disegel untuk kemudian dikirimkan ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Selain persoaln tersebut, Kaka juga menceritakan kalau ada kasus lain seperti belum terdistribusikannya surat pemberitahuan waktu dan tempat pemungutan suara atau formulir C6 di daerah Sumatera Selatan. Berdasarkan aturan, menurut Kaka harusnya formulir C6 sudah harus selesai terdistribusi pada kurun waktru 3 hari sebelum pemungutan suara.

“Ini kan artinya pendistribusian yang tidak sesuai aturan dan membuat kita bertanya-tanya soal keamanannya. Fakta ini kalau kita kumpulkan se-Indonesia bisa banyak,” kata Kaka.

Kaka menambahkan, banyaknya kasus soal Pilkada Serentak 2018 yang terjadi di berbagai daerah harus menjadi perhatian lebih bagi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Terlebih menurut Dia, pengawasan yang ekstra harus diberikan untuk daerah-daerah yang sulit dijangkau maupun wilayah terluar. Hal ini dalam rangka untuk memastikan tidak ada logistik yang rusak, tercecer atupun kurang.

“Di daerah kepulauan yang penerbangan atau kapalnya cuma ada sekali sehari itu harus benar-benar diperhatikan. Kalau surat suaranya kurang, baru besoknya itu bisa disusulkan. Kan tidak bisa begitu,” tandas Kaka.

Baca Juga:  Kuasa Hukum: Ratna Tidak Menyampaikan Langsung Kabar Hoax ke Publik

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer