Connect with us

Other

Keunggulan Pil KB untuk Cegah Kehamilan Pasangan Muda

JARRAK.ID

Published

on

Ilustrasi (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Pil KB salah satunya berfungsi untuk mengatur jarak kehamilan. Mengatur jarak kehamilan sangat memberikan manfaat bagi ibu dan si kecil.

Adapun jarak kehamilan yang disarankan adalah lima tahun. Hal ini bertujuan untuk menjaga kesehatan organ reproduksi pada ibu, karena pada waktu bersamaan masih harus merawat buah hatinya yang belum berusia lima tahun.

“Dengan mengatur jarak ideal kehamilan, secara fisik, ibu sudah lebih baik. Maka, penting untuk melakukan perencanaan kontrasepsi baik di awal kehamilan atau bahkan sebelum menikah,” ujar spesialis kandungan, dr. Tirsa Verani Sp.OG, dalam temu media Andalan FE, di Bandung, Selasa, (24/07/2018).

Adapun metode kontrasepsi yang disarankan khususnya pada pasangan muda, sebaiknya menggunakan pil KB. Sebab, pil KB sangat baik dalam mengembalikan kesuburan kaum wanita atau para calon ibu.

“Pasangan muda yang mau nunda anak dulu, bisa pakai pil KB. Karena ketika pil KB berhenti dikonsumsi, kesuburannya akan kembali dengan segera dan mempercepat kehamilan,” kata dia.

Selain itu, dari data yang ada, 24 persen perempuan Indonesia memilih pil KB untuk menunda kehamilannya. Alasannya, pil KB memiliki tingkat kegagalan kurang dari satu persen saja.

“Apabila diminum secara teratur setiap harinya dan di jam yang sama, tingkat kegagalan menunda hamil bisa kurang dari satu persen. Sehingga, sangat efektif menunda kehamilan pada pasangan muda,” ujarnya menambahkan.

Baca Juga:  Manfaat Diet Menggunakan Air Putih Hangat

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Berita Populer