Connect with us

Daerah

Ketua Paswaslu Sumenep Sebut Penyelenggaraan Pilkada Jatim Sukses

JARRAK.ID

Published

on

Ketua Panwaslu Sumenep, Hosnan Hernawan (Doc. JARRAK)

SUMENEP – JARRAK.ID – Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Hosnan Hernawan mengatakan bahwa pelaksanaan Pilkada Jatim, khususnya di Sumenep, mulai dari tahap kampanye sampai pemungutan suara yang berlangsung pada 27 Juni 2018 lalu berjalan sukses.

“Jika dicermati dari awal sampai pada kegiatan pencoblosan di berbagai Tempat Pemungutan Suara (TPS) tidak ada persoalan serius yang dihadapi. Sehingga kami pastikan untuk wilayah Sumenep, pelaksanaan Pilkada Jatim berjalan dengan sukses,” kata Hosnan melalui pesan singkat kepada Jarrak.id, Sabtu malam, (14/07/2018).

Menurut Hosnan, keberhasilan ini karena dirinya aktif berkomunikasi dan berkoordiasi dengan KPU Sumenep dalam setiap rangkaian kegiatan, khususnya yang berkaitan dengan proses pilkada.

“Pada sisi lain, Panwaslu Sumenep juga aktif melakukan koordinasi dengan KPU. Sehingga peran KPU tidak bisa dinihilkan dalam kesuksesan gelaran Pilkada Jatim ini,” tegas alumnus STKIP PGRI Sumenep tersebut.

Selain itu, Hosnan mengaku bahwa di jajaran Panwaslu, pihaknya juga terus melakukan pertemuan rutin baik formal maupun non-formal dengan sejumlah Panitia Pengawas Kecamatan (Paswascam) di 27 kecamatan serta Panitia Pengawas Lapangan (PPL) yang  tersebar di 334 desa di Sumenep.

“Kita terus memantau kegiatan pengawasan yang dilakukan Panwascam maupun PPL. Karena mereka adalah ujung tombak dari kegiatan pengawasan di lapangan,” kata Hosnan.

Disinggung soal jumlah pelanggaran yang mencapai 118 laporan, Hosnan menegaskan bahwa pelanggaran pemasangan alat peraga kampanye (APK) mencapai 113 sedangkan sisanya, 5 laporan soal pelanggaran administrasi.

“Memang benar ada 118 laporan pelanggaran yang kami terima. Secara kuantitatif memang banyak. Tetapi secara substantif pelanggaran tersebut tidak terlalu berpengaruh signifikan terhadap pelaksanaan Pilkada Jatim khususnya di Kabupaten Sumenep,” tandas Hosnan.

Baca Juga:  Alat Detektor Tsunami Hilang, Luhut: Yang Mencuri Sengaja Bunuh Saudaranya Sendiri

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer