Connect with us

Politik

Ketua MPR Jamin Pemilu Tetap Langsung dan Presiden Tetap 2 Periode

JARRAK.ID

Published

on

Ketua MPR, Bambang Soesatyo (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Presiden Jokowi minta agar pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih digelar secara sederhana. Permintaan tersebut disampaikan Jokowi saat menerima pimpinan MPR RI di Istana Negara, Jakarta.

“Saya juga menyampaikan bahwa penyelenggaraan upacara dan perayaan di dalam pelantikan dilakukan sederhana saja tapi juga tanpa mengurangi kekhidmatan dan keagungan acara itu,” katanya, Rabu, (16/10/2019).

Sementara itu, Ketua MPR Bambang Soesatyo menyebut sejumlah tamu negara dipastikan hadir saat pelantikan Jokowi-KH Ma’ruf Amin, Minggu 20 Oktober 2019.

“Hampir seluruh negara ASEAN, negara tetangga kita confirmed hadir termasuk Perdana Menteri Australia hadir,” terangnya.

Selain itu, pertemuan pimpinan MPR dan Presiden Jokowi juga menyinggung amandemen UUD 1945.

Kendati demikian, Bambang Soesatyo menegaskan bahwa, tidak ada wacana presiden kembali dipilih MPR.

“Tidak ada. Saya tegaskan tidak ada. Ini tidak terkait dengan perubahan terkait perubahan rinci perubahan politik, presiden tetap dipilih rakyat, presiden bukan lagi mandataris negara, presiden tidak bertanggung jawab kepada MPR, itu tetap,” kata Bomset.

Politisi asal Partai Golkar itu menjamin usulan amandemen UUD 1945 tidak menjadi bola liar di masyarakat. Segala masukan soal amandemen akan disampaikan kepada Jokowi.

“Kami pimpinan MPR menjamin berbagai usulan amandemen (UUD 1945) tidak menjadi bola liar, segala sesuatunya kami konsultasikan dengan Bapak Presiden selaku kepala pemerintahan dan kepala negara, dan menjadi salah satu stakeholder bangsa kita,” tandasnya.

Sebagai informasi, pada pelantikan Presiden nanti, akan hadir Wakil PM China. Tak lupa, Ketua MPR akan menjamin tamu negara yang hadir di pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Jokowi-KH Ma’ruf Amin diberikan pengamanan maksimal.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer