Connect with us

Politik

Ketua DPR Ragukan Pernyataan Sepihak Arab Saudi Soal Pencekalan Habib Rizieq

JARRAK.ID

Published

on

Ketua DPR, Bambang Soesatyo (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Ketua DPR, Bambang Soesatyo meragukan pernyataan Duta Besar (Duber) Arab Saudi untuk Indonesia, Osama al-Shuaibi bahwa pencekalan Imam Besar FPI, Habib Rizieq Shihab oleh pemerintah Arab Saudi untuk melindungi Habib Rizieq dari ancaman keamanan.

Sebelumnya, Habib Rizieq diagendakan akan mengunjungi Malaysia untuk menyelesaikan disertasinya.

“Saya justru ragu karena yang memberikan informasi adalah pihak Arab Saudi sendiri yang sepihak menyatakan soal larangan,” ujar Bamsoet, biasa disapa, di komplek Parlemen, Jakarta, Kamis, (27/09/2018).

Pasalnya, soal perlindungan Warga Negara Indonesia di mana pun berada menjadi tugas pemerintah sesuai amanat UUD 1945.

Bamsoet pun dengan tegas meminta kepada Habib Rizieq untuk segera kembali ke Tanah Air dan tentunya ada jaminan perlindungan dari negara.

Secara tidak langsung, klaim sepihak Arab Saudi yang menyebut apa yang diperlakukan oleh otoritas setempat justru sebagai bentuk upaya perlindungan kepada Habib Rizieq perlu diklarifikasi.

“Ini bisa jadi masalah hukum kalau itu tidak benar karena ini menyangkut hubungan kedua negara perlu dipastikan statement dari Arab Saudi,” tegasnya.

Bamsoet juga meminta pertanggung jawaban dan ketegasan dari Arab Saudi untuk mengungkapkan langsung siapa pihak dari Indonesia yang melakukan pencekalan itu.

“Ini harus dieprtanggungjawabkan siapa pihak Indonesia yang melakukan itu,” tandasnya.

Baca Juga:  MK Tolak Ojol Jadi Transportasi Umum, Bamsoet: Tidak Fair

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer