Connect with us

Politik

Ketua DPR: Gerakan #2019GantiPresiden Jangan Dihalang-halangi

JARRAK.ID

Published

on

Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Ketua DPR Bambang Soesatyo mengatakan gerakan #2019GantiPresiden yang marak dilakukan di sejumlah daerah di Indonesia tidak salah.

Menurut kegiatan tersebut bagian dari kebebasan berekspresi dan menyampaikan pendapat yang merupakan bagian dari substansi demokrasi.

“Kegiatan deklarasi #2019GantiPresiden tidak salah dan memang tidak boleh dipersalahkan, atas nama demokrasi atau kebebasan berpendapat,” kata Bambang, Senin, (03/09/2018) dilansir CNNIndonesia.com.

Oleh karena itu kata Bambang, gerakan #2019GantiPresiden tidak boleh dikecam oleh siapapun. Kendati demikian, Bambang menegaskan jika ada potensi bentrokan antara massa yang pro dan kontra, aparat keamanan wajib melakukan tindakan pencegahan.

“Masing-masing kelompok beserta massa pendukungnya wajib menahan diri. Semua pihak juga harus menghormati aparat keamanan di setiap daerah,” katanya.

Untuk itu, Bambang meminta kepada Polri, TNI dan BIN agar terus mengantisipasi berbagai kemungkinan terburuk yang diakibatkan oleh manuver politik para politisi.

Sebab, kata dia, kondusifitas beberapa kota di Jawa dan sejumlah daerah lain berpotensi terganggu akibat manuver para politisi yang tidak dapat diterima oleh sebagian warga.

“Manuver politik oleh siapa pun tidak boleh mengorbankan masyarakat, apalagi mengadudomba kelompok-kelompok masyarakat hanya karena beda pilihan politik,” ujarnya.

Politisi Golkar ini juga beharap insiden penolakan deklarasi #2019GantiPresiden yang terjadi di Surabaya dan Riau belum lama ini tidak berulang di kota-kota lainnya.

“Karena itu, tindakan antisipatif patut diteruskan. Seperti diketahui, dua kelompok massa nyaris bergesekan di Surabaya dan Riau saat menyikapi deklarasi #2019GantiPresiden,” katanya.

 

Baca Juga:  Nekat Gunakan Mik Pesawat, Neno Warisman Terancam Kurungan 1 Tahun Penjara

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer