Connect with us

Politik

Kemenkum HAM Pantau Langsung Kegiatan Pembenahan di Lapas Sukamiskin

JARRAK.ID

Published

on

Pejabat di lingkungan Kemenkum HAM saat melakukan kunjungan kerja ke Lapas Kelas I Sukamiskin untuk memantau kegiatan pembenahan di permasyarakatan khusus koruptor itu (Foto: jabar.kemenkumham.go.id)

BANDUNG – JARRAK.ID – Kadiv Permasyarakatan Kantor Wilayah Kemenkum HAM Jawa Barat, Krismono bersama Kepala Lapas Kelas I Sukamiskin, Tejo Harwanto menerima kunjungan kerja Staf Khusus Menteri Hukum dan HAM RI, Ian P. Siagian, dan Sekretaris Direktorat Jenderal Pemasyarakatan RI, Liberti Sitinjak di Ruang Kerja Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Sukamiskin, Rabu, (19/09/18).

Kedatangan dua pejabat Kemenkum HAM atas perintah langsung Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly untuk meninjau kondisi dan memberikan pengarahan serta evaluasi terkait proses pembenahan Lapas Kelas I Sukamiskin.

Dalam kesempatan itu Ian P. Siagian meminta Kalapas Sukamiskin untuk memperhatikan beberapa hal, seperti jam besuk harus terpampang, kamar-kamar harus terkunci saat jam malam.

“Jangan kita lengah jangan kita takut, kalau Warga Binaan tidak kooperatif kita pindahkan saja, terakhir pesan dari Bapak Menteri Hukum dan HAM RI semua petugas harus tetap semangat dalam menjalankan tugas-tugasnya,” kata Siagian, dilansir dari jabar.kemenkumham.go.id.

Sementara itu, Sekretaris Dirjen Pemasyarakatan, Liberti Sitinjak meminta semua pihak mendukung kegiatan pembenahan di Lapas Sukamiskin. Bahkan Sitinjak berjanji akan menindak tegas pihak-pihak yang menghalangi dan menghambat proses pembenahan di lapas untuk koruptor tersebut.

“Proses pembenahan yang saat ini sedang berjalan di Lapas Sukamiskin tolong didukung dan dilaksanakan dengan secepat-cepatnya, kalau ada petugas yang menghambat proses pembenahan ini segera lakukan tindakan, jangan dibiarkan saja. Saya berharap Kadivpas tetap independen dan berani,” kata Sitinjak.

Kepala Divisi Pemasyarakatan, Krismono menjelaskan proses pembenahan terus dilakukan di Lapas Sukamiskin. Salah satunya kata Krismono, di berbagai sudut lapas sudah dipasang kamera pengawas CCTV, yang terhubung langsung ke ruang kerja Kadiv Pas Kanwil Kemenkum HAM Jawa Barat.

Baca Juga:  Setnov Jalani 'Orientasi' Saat Hari Pertama di Lapas Sukamiskin

Krismono menegaskan, dirinya bersama Kakanwil Kemenkum HAM Jabar sejak awal berkomitmen untuk menyelesaikan berbagai hambatan dalam upaya pembenahan di Lapas Sukamiskin.

“Proses pembenahan di Lapas Kelas I Sukamiskin tetap kami pantau secara terus menerus salah satunya melalui cctv disini yang sudah terkoneksi langsung dengan monitor ruang kerja saya di Kantor Wilayah. Saya dan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat sudah berkomitmen bersama-sama untuk mengatasi kendala dan hambatan yang muncul dalam proses pembenahan ini sampai selesai, baik itu tenaga maupun dana,” tegas Krismono.

Kunjungan kerja Staf Khusus Menteri Hukum dan HAM RI dan Sekretaris Direktorat Jenderal Pemasyarakatan kemudian dilanjutkan dengan peninjauan langsung kondisi terkini Lapas Kelas I Sukamiskin termasuk kamar hunian Warga Binaan, ruang kunjungan, dan ruang peribadatan.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer