Connect with us

Mancanegara

Kedubes AS di Montenegro Diserang OTK

JARRAK.ID

Published

on

PODGORICA – JARRAK.ID – Kedutaan Besar (Kedubes) Amerika Serikat (AS) di Ibu Kota Montenegro, Podgorica, diserang dengan granat oleh orang tidak dikenal (OTK). Pelaku kemudian bunuh diri, meledakkan dirinya sendiri.

Pasca peristiwa miris itu, Kedubes AS memperingatkan warganya untuk menghindari wilayah tersebut. Sebab, di sana masih diberlakukan pengamanan super ketat.

Seperti dilansir dari Fox News, Kamis (22/02/18), Kedutaan Besar AS di Podgorica mengimbau warga AS bahwa ada situasi pengamanan aktif di sekitar Kedubes AS. Hindari kedutaan hingga pemberitahuan selanjtunya.

Pemerintah Montenegro mengatakan, seorang penyerang yang tidak dikenal melemparkan granat itu ke kompleks kedutaan di malam hari dan kemudian meledakkan dirinya dengan alat peledak  lain. Tidak ada kematian yang dilaporkan kecuali penyerang tewas seorang diri.

Seperti dilansir New York Times melaporkan bahwa seorang saksi melihat orang tesebut melemparkan benda itu ke dinding, sekitar tengah malam. Kedubes ditutup pada saat serangan.

Serangan tesebut terjadi sekitar pukul 00.30 waktu setempat. Sebanyak 34 orang Amerika dan 134 staf lokal bekerja di Kedubes AS, dan semuanya selamat.

Petugas keamanan waktu menyapu lahan mengatakan tidak menemukan ancaman lain. Karyawan diminta untuk tinggal di rumah pada Kamis (22/02/18).

Montenegro, salahsatunegaratermuda di dunia, negarakecildengan 640.000 yang terletakantara Bosnia dan Herzegovina, Serbia, Kosovo dan Albania. Negara itupernahmenjadibagiandari Yugoslavia, kemudianiamenjadisetengahdari Negara Serbia danMontengrosebelummendeklarasikankemerdekaannyapadatahun 2006.

Montenegro berbatasandenganLautAdriatik di Eropa Tenggara danibukotanyaPodgorica. Negara inibarubergabungdengan NATO, tahun2017lalu.

AS menjalinhubungandiplomatikdengan Negara Balkan kecilinipadatahun 2006, setelahmerekamerdekadari Serbia.

Terakhir kali KedutaanBesar AS pernahdiserang OTK jugapadatahun 2015, ketikaKedubes AS di Uzbekistan menjadi target seorangpriatidakdikenal. Priaitumelemparkanduabahanpeledakimpovisasikedindingtempat diplomatiktapitidakada yang terluka.

 

Baca Juga:  Iran: Kami Akan Lanjutkan Pengayaan Uranium, Jika AS Keluar dari Kesepakatan Nuklir

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer