Connect with us

Other

Kebakaran Hutan di Riau, Jokowi Justru Salahkan Kepala Daerah

JARRAK.ID

Published

on

Presiden Joko Widodo (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa kebakaran hutang yang terjadi di Riau dan merembes ke wilayah Sumatera dan Kalimantan, seharusnya tidak terulang kembali.

“Kebakaran hutan dan lahan di Riau dan sekitarnya seharusnya tidak terulang lagi kalau saja titik-titik api yang muncul sudah dipadamkan sejak dini, sebelum menjadi ratusan titik api,” kata Presiden Jokowi di Facebooknya, Selasa (17/09/2019).

Dia menegaskan seharusnya hal itu bisa diantisipasi pemerintah pusat, daerah dan aparat keamanan.

“Gubernur memiliki perangkat-perangkat sampai ke bawah: Bupati, Walikota, Camat, Kepala Desa. Pangdam punya perangkat dari Danrem, Dandim, Koramil, sampai para Babinsa. Kapolda juga punya perangkat dari Kapolres, Kapolsek, sampai Babinkamtibmas,” papar Jokowi.

Namun ia tak habis pikir dengan perangkat yang ada justru belum mampu mengatasi Karhutla. Padahal melalui koordinasi yang baik, masalah kebakaran yang disoroti dunia ini tak seharusnya terjadi.

“Masalahnya di mana? Kerja sama yang kurang efektif, inisiatif yang tidak maksimal sehingga perangkat-perangkat ini tidak diaktifkan secara baik. Padahal, seperti saya ingatkan berkali-kali, pencegahan kebakaran lahan dan hutan itu mutlak harus dilakukan,” tandasnya.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer