Connect with us

Daerah

Kasus Suap Taufik Kurniawan, Ini Dua Anggota DPR yang Dipanggil KPK

JARRAK.ID

Published

on

Wakil Ketua DPR nonaktif, Taufik Kurniawan (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil dua anggota DPR RI untuk diperiksa sebagai saski dalam kasus suap yang menjerat mantan Wakil Ketua DPR, Taufik Kurniawan.

Keduanya adalah anggota Fraksi PAN DPR, Ahmad Riski Sadiq dan anggota Fraksi Golkar DPR, Eka Sastra. Selain itu, KPK juga memanggil Dudi Hermawan, PNS di lingkungan Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

“Dipanggil sebagai saksi untuk TK (Taufik Kurniawan),” kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Kamis, (31/01/2019).

Sebelumnya, KPK menjerat Taufik sebagai tersangka karena diduga menerima suap Rp 3,65 miliar dari Bupati Kebumen nonaktif Yahya Fuad. Uang itu diduga terkait dengan perolehan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik pada APBN-P 2016.

Dalam proses penyidikan kasus ini, KPK menyatakan tak menutup peluang menelusuri pihak lain yang diduga menerima suap dari Yahya Fuad. Salah satu yang bakal didalami KPK ialah istilah ‘untuk kawan-kawan’ yang terungkap dalam sidang Yahya Fuad.

Selain Taufik, KPK juga menetapkan Ketua DPRD Kebumen Cipto Waluyo sebagai tersangka. Cipto diduga menerima uang Rp 50 juta terkait pengesahan dan pembahasan APBD Kabupaten Kebumen periode 2015-2016, pengesahan atau pembahasan APBD Perubahan Kabupaten Kebumen 2015-2016, dan pokok pikiran DPRD Kebumen 2015-2016.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer