Connect with us

Daerah

Kasus Jual Beli Jabatan di Kemenag, KPK Panggil Kiai Asep Saifuddin

JARRAK.ID

Published

on

Kiai Asep Saifuddin Chalim (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan memanggil Kiai Asep Saifuddin Chalim untuk diperiksa sebagai saksi, dalam kasus dugaan jual beli jabatan di lingkungan Kementerian Agama (Kemenag).

Sebelumnya nama Kiai Asep disebut Eks Ketum PPP, M Romahurmuziy atau Rommy karena dianggap merekomendasikan nama Haris Hasanuddin sebagai Kakanwil Kemenag Jawa Timur, sebelum OTT KPK.

“Dipanggil sebagai saksi untuk RMY (Romahurmuziy),” kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Senin, (25/03/2019).

Kiai Asep terlihat datang ke gedung KPK sekitar pukul 09.40 WIB. Dia sempat bicara soal hubungannya dengan Kepala Kanwil Kemenag Jatim Haris Hasanuddin yang kini jadi salah satu tersangka kasus ini.

“Saya memenuhi undangan, saya juga tidak tahu untuk apa, kan cuma diundang. Nanti setelah ditanyai dalam undangan itu baru saya menyampaikan. Kemarin sudah saya sampaikan pertanyaan-pertanyaan wartawan bahwa dia dulu ketika di mahasiswa mungkin 20 tahun lalu, dia pernah setiap pagi belajar mengaji ke saya,” kata Kiai Asep.

Kendati demikian, ia membantah memberikan rekomendasi dalam penunjukan pejabat di lingkungan Kemenag. “Tidak,” ujarnya saat ditanya soal rekomendasi.

Selain itu, KPK juga memanggil Ketua DPW PPP Jawa Timur Musyaffa Noer dan PNS di Kantor Wilayah Kemenag Yogyakarta, Abdul Rochim.

KPK sebelumnya menetapkan Rommy sebagai tersangka karena diduga menerima duit Rp 300 juta dari Kepala Kantor Kemenag Gresik Muhammad Muafaq Wirahadi dan Haris Hasanuddin. Rinciannya, Rp 50 juta dari Muafaq dan Rp 250 juta dari Haris.

Duit itu diduga ditujukan agar Rommy membantu proses seleksi kedua orang tersebut. Namun KPK menduga Rommy bekerja sama dengan aktor internal dari Kemenag, mengingat posisi Rommy adalah anggota Komisi XI DPR, yang tidak punya kewenangan dalam pengisian jabatan di Kemenag.

Baca Juga:  Ini yang Didalami KPK dalam Pemeriksaan Terhadap CEO Lippo Group James Riady

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer