Connect with us

Daerah

Kasian, Baru Dilantik Bupati Tulungagung Tersangka KPK Langsung Non-Aktif

JARRAK.ID

Published

on

Bupati Tulungagung non-aktif, Syahri Mulyo (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Bupati Tulungagung terpilih, Syahri Mulyo dilantik bersama wakilnya, Maryoto Birowo oleh Gubernur Jawa Timur, Soekarno di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Namun pasca dilantik, Syahri Mulyo langsung non aktif karena berstatus sebagai tersangka Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Dengan resmi melantik Syahri Mulyo dan Maryoto sebagai Bupati dan Wakil Bupati Tulungagung,” ucap Soekarwo saat melantik keduanya di Kemendagri, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa, (25/09/2018).

Kendati demikian, selepas dilantik Mendagri Tjahjo Kumolo langsung menyerahkan surat pelaksana tugas Bupati Tulungagung kepada Soekarwo, dan Soekarwo kemudian menyerahkannya kepada Maryono Birowo.

Sebelumnya memang KPK telah memberi izin pada Syahri untuk menghadiri pelantikannya. Dia dilantik di Jakarta dengan pertimbangan biaya hingga keamanan.

“Dengan mempertimbangkan faktor efisiensi (biaya), faktor efektifitas (jarak dan waktu) serta faktor keamanan (tenaga pengamanan), maka pelantikan tersangka SM (Syahri Mulyo) sebagai Bupati Tulungagung dilakukan di Jakarta, merujuk pada tempat penahanannya di Polres Jakarta Timur,” kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah sebelumnya

Selepas dilantik, Syahri langsung dikembalikan ke rutan. Syahri memang sebelumnya telah dijerat KPK lantaran menerima suap terkait proyek infrastruktur.

Baca Juga:  Anas Bantah dapat Perlakuan Khusus di Lapas Sukamiskin

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer