Connect with us

Berita

Kapolres Pacitan: Ceprotan Tetap Dilaksanakan Dengan Porotokoler Kesehatan Ketat

JARRAK.ID

Published

on

Pacitan, www.jarrak.id- Kapolres Pacitan, AKBP Didik Hariyanto tegaskan, kegiatan budaya Ceprotan yang akan diselenggarakan di Desa Sekar, Kecamatan Donorojo, harus memperhatikan porotokoler kesehatan sebagaimana dianjurkan gugus tugas percepatan penanganan (GTPP) covid-19. “Kegiatan (Ceprotan) tetap dilaksanakan, namun harus benar-benar memperhatikan porotokoler kesehatan yang disampaikan GTPP,” kata Kapolres Didik, sebelum menghadiri sidang paripurna di DPRD Pacitan, Kamis (9/7) malam.

Pria yang juga menjabat sebagai wakil komandan GTPP covid-19 Pemkab Pacitan ini mengatakan, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan stakeholder pelaksana kegiatan Ceprotan, sebelum akhirnya disetujui agenda tersebut untuk dilaksanakan.

Hal itu dilakukan agar masyarakat di desa setempat tidak panik. Mengingat agenda Ceprotan merupakan tradisi sakral dan religius, dan harus dilaksanakan setiap tahunnya. Bahkan hari, tanggal dan weton pasaran harus tepat. “Namun sekali lagi saya tegaskan, agenda kegiatan harus lebih dipersingkat, hanya tiga kegiatan yang kami izinkan dilaksanakan sebagai tolak sumpah atau tolak bala. Kegiatan wayang juga ada, namun tanpa penonton. Tidak sampai dua jam, dan paling banyak hanya melibatkan sekitar 20 orang,” jelasnya.

Kapolres Didik, juga mengingatkan agar semua yang terlibat dalam kegiatan harus disiplin dalam melaksanakan protokol kesehatan secara ketat. “Terutama pakai masker dan selalu jaga jarak fisik. Mengingat badan kesehatan dunia (WHO) sudah memperingatkan bahwa covid-19 bisa menular lewat udara,” pesan Perwira Polisi dengan dua melati di pundak ini. (yun).

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer