Connect with us

Daerah

Kapolda Sumsel: Jika Tidak Menyerahkan Diri, ke Liang Kubur Tetap Kami Kejar

JARRAK.ID

Published

on

Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel), Irjen (Pol) Zulkarnain Adinegara (Doc. Net)

PALEMBANG – JARRAK.ID – Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel), Irjen (Pol) Zulkarnain Adinegara menegaskan pihaknya akan memburu pelaku penembakan terhadap tim sukses (timses) pasangan calon (paslon) Bupati Empat Lawang nomor urut 2, Joncik Muhammad-Yulius. Akibat peristiwa ini satu orang dilaporkan meninggal dunia.

Mantan Kapolda Riau itu juga meminta kepada tim paslon nomor urut 1 (David Hardiyanto-H Eduar Kohar) untuk tidak melindungi pelaku penembakan. Dengan demikian, para pelaku bisa mempertanggungjawabkan perbuatan mereka.

“Bagi pelaku tolong segera menyerahkan diri. Atau jika tidak mengindahkan himbauan kami, sampai ke liang kubur akan tetap kami kejar. Sekarang bisa saja bersembunyi, tapi selanjutnya akan kami tangkap juga,” kata Zulkarnain pada Rabu, (13/06/2018).

Oleh karena itu, Zulkarnain meminta pelaku untuk kooperatif dalam mempertanggung jawabkan perbuatannya. Jika tidak, justru akan menyulitkan pelaku sendiri.

“Himbaun untuk menyerahkan diri agar kasus ini dapat diproses hukum dengan pendekatan yang baik. Jika tidak, justru yang rugi pelaku sendiri. Karena saya sudah perintahkan anak buah segera tangkap pelaku penembakan,” tegas jenderal bintang dua tersebut.

Penyelenggara Pemilu Berpihak

Menurut Zulkarnain, bentrok antar timses paslon diakibatkan oleh dugaan keberpihakan penyelenggara pemilu di Kabupaten Empat Lawang terhadap paslon tertentu.

Akibatnya bentrok tidak dapat dihentikan. Sehingga berujung pada meninggalnya satu orang dari timses paslon nomor urut 2.

Untuk sementara kata Zulkarnain, pihaknya sudah memerintahkan agar KPU dan Bawaslu Sumsel mengambil alih penyelenggaraan Pilkada Empat Lawang sampai situasi betul-betul dapat dikendalikan.

“Saya sudah sampaikan ke Bawaslu Provinsi, kalau betul, memang betul tidak netral tolong ambil alih saja oleh Bawaslu Provinsi. Mereka (KPU Empat Lawang dan Panwas) dinonaktifkan, Ini penting, ini salah satu pemicu menurut saya,” ujar Zulkarnain.

Baca Juga:  Polda Sumsel Kejar Pamen Mabes Polri yang Culik dan Aniaya Pengacara

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Berita Populer