Connect with us

Politik

Kapitra Ampera Masuk Daftar Caleg PDIP, Hasto: Itu Aspirasi Kader

JARRAK.ID

Published

on

Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Pencalonan Kapitra Ampera sebagai bakal calon legislatif (bacaleg) dari PDIP dinilai mengejutkan oleh sejumlah pihak. Terkait hal ini Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto membantah jika ada pihak-pihak yang menganggap pendaftaran Kapitra sebagai Bacaleg dilakukan secara sepihak.

Hasto mengatakan, nama Kapitra muncul dalam draft Bacaleg dari PDIP bukan serta merta dan asal comot. Namun kata Hasto semua itu merupakan aspirasi dan keinginan beberapa kader PDIP Sumatera Barat (Sumbar).

“Kami kan ada dari Sumbar (Sumatera Barat), ada kader kami,” kata Hasto di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta, Rabu, (18/07/2018).

Kapitra Ampera (baju putih)

Hasto kemudian menjelaskan soal mengapa nama Kapitra muncul dalam daftar Caleg PDIP. Menurutnya Kapitra sebelumnya sudah didaftarkan melalui jalur online oleh kader PDIP ataupun pengurus yang memang diberi wewenang untuk melakukan perekrutan Bacaleg terutama dari kalangan tokoh masyarakat.

Soal siapa saja pengurus PDIP yang berwenang merekrut tokoh masyarakat tersebut, Hasto menyebutkan diantaranya adalah Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Koordinator Bidang Pembanguban Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, dan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, dan Wakil Ketua DPR Utut Adianto.

Selain didaftarkan oleh kader atau pengurus PDIP, menurut Hasto pendaftaran menjadi Caleg juga dapat dilakukan sendiri oleh Bacaleg yang bersangkutan. Namun sayang, Kapitra beberapa waktu yang lalu saat diminta konfirmasi, ia tak menjawab dengan tegas dari jalur mana ia mendaftar.

Pengacara Rizieq Shihab yang sebelumnya dikenal berseberangan dengan pemerintah itu menurut Hasto sebelumnya sudah diberitahu perihal pencalonannya sebagai Caleg.

“Dari proses itu tentu saja ketika melakukan input, itu berkomunikasi dengan bakal calon, tidak ada proses memasukkan input tanpa komunikasi dengan bakal caleg,” tutur Hasto.

Baca Juga:  Ini Alasan Panitia Reuni 212 Ogah Undang Presiden Jokowi

Sebelumnya, Kapitra berulangkali membantah dirinya maju sebagai Caleg dari PDIP. Bahkan ia seakan tidak mengetahui apa-apa terkait namanya yang tercantum dalam draft Bacaleg partai besutan Megawati itu. Kapitra juga membantah kalau dirinya pernah menyerahkan sejumlah berkas terkait pencalonannya itu.

“Saya akan konfirmasi dulu ke Hasto,” kata Kapitra.

Isu pencalonan Kapitra mendadak mencuat pertama kali diketahui dari Sekjen PDIP Hasto Kristianto. Meski Hasto menyatakan kalau pencalonan Kapitra belum final, lantaran pengacara Habib Rizieq itu masih meminta saran sejumlah pihak, toh bukan tidak mungkin kalau akhirnya Kapitra benar-benar merapat sebagai Caleg PDIP.

“Ini sekali lagi ini proses dialog masih terus dilakukan karena beliau juga masih melakukan konsultasi dan (salat) istikharah. Kemudian ini merupakan proses. Saya pribadi juga belum pernah bertemu beliau. Karena memang kami membagi tugas,” tandas Hasto.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer