Connect with us

Mancanegara

Kandaskan Najib Razak, Mahathir Mohamad Resmi Menjadi Perdana Menteri Tertua di Dunia

JARRAK.ID

Published

on

KUALA LUMPUR – JARRAK.ID – Mahathir Mohammad resmi menjadi Perdana Menteri Malaysia periode selanjutnya setelah melalui persaingan yang sengit dengan Najib Razak. Kemenangan Mahathir telah diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Malaysia beberapa waktu lalu. Kemenangan Mahathir sekaligus mengakhiri kekuasaan koalisi Najib yang sudah berlangsung selama enam dekade.

Manariknya Mahathir juga akan menyandang status PM tertua di Usia. Saat ini usia Mahathir sudah 92 tahun. Pengambilan sumpah terhadap mahathir akan dilakukan pada Kamis (10/05/2018). Sebelumnya Mahathir pernah menjabat sebagai Perdana Menteri Malaysia dari 1981 hingga 2003. Mahathir berhasil membawa koalisi oposisi yang dipimpinnya, Pakatan Harapan, untuk memenangkan mayoritas parlemen pertama kalinya sejak kemerdekaan Malaysia pada 1957.

“Kami sangat bahagia, hari yang membanggakan bagi Malaysia,” kata David Thaiga (57 tahun), salah satu dari ribuan warga Malaysia yang merayakan kemenangan Mahathir di jalan-jalan.

“Kami telah menunggu ini selama 60 tahun terakhir. Ini adalah keajaiban bagi kami. Dan meskipun saya bukan penggemar Mahathir, saya pikir dia adalah satu-satunya yang bisa meraih kemenangan ini,” tambah David.

Sementara Sukumira Sekhar (84), mengaku telah menyaksikan kehidupan di Malaysia sejak awal kemerdekaan. Ia juga telah menjalani hidup di bawah pemerintahan koalisi Barisan Nasional (BN) selama 60 tahun.

“Saya sangat senang saya masih bisa menyaksikan kemenangan ini. Saya berharap saya bisa melompat-lompat untuk bersenang-senang, tetapi hanya hati saya melompat-lompat. Saya sangat bangga dengan orang-orang Malaysia, terutama kaum muda dan orang Melayu,” ungkap Sekhar.

Kemenangan Mahathir menandai berakhirnya masa jabatan sembilan tahun Najib. Najib telah berkuasa sejak 2009 dan reputasinya ternoda oleh skandal korupsi 1MDB. Dalam skandal ini, dana pemerintah sebesar 2,6 miliar dolar AS diduga digelapkan, termasuk 681 juta dolar AS yang diduga masuk ke rekening bank pribadinya.

Mahathir untuk pertama kalinya perdana menteri Malaysia tidak berasal dari partai UMNO dan tidak menjadi bagian dari koalisi BN. Kemenangan tersebut menunjukkan, keinginan terhadap perubahan telah mencengkeram negara, karena banyak warga dari etnis Melayu yang memilih oposisi untuk pertama kalinya.

Angka partisipasi pemilih dalam pemilu kali ini mencapai 76 persen, lebih rendah daripada pemilu 2013. Namun oposisi berhasil memenangkan suara di banyak negara bagian yang selama ini dikenal sebagai kubu BN, seperti Johor, Malaka, Negeri Sembilan, Selangor, dan Penang.

Hasil resmi yang biasanya diumumkan pada pukul 23.00 waktu setempat, tidak dirilis sampai sekitar pukul 03.00 pagi. Penundaan ini membuat beberapa orang berspekulasi bahwa Najib berusaha untuk menghentikan pengumuman itu.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer