Kadis Pariwisata DKI Jakarta Dicopot, Ini Alasan Anies Baswedan

2 min read

JAKARTA – JARRAK.ID – Sejumlah kepala satuan kerja perangkat dinas (SKPD) dirombak oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Terakhir, Anies mencopot Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Tinia Budiati.

Hal tersebut dibenarkan oleh Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno. Menurut Sandiaga, jabatan Kadisparbud DKI sudah dipimpin pejabat pelaksana tugas (Plt).

“Iya (dicopot). Bu Kadis Pariwisata memasuki masa purnatugas. Kebetulan juga usianya sudah memasuki masa pensiun,” ungkap Sandiaga di GOR PKP, Kelapa Dua Wetan, Ciracas, Jakarta Timur, Sabtu (7/7/2018).

Sandiaga mengungkapkan, Tinia dicopot sebagai bagian dari penyegaran jabatan di Pemprov DKI. Apalagi, lanjut Sandiaga, pariwisata merupakan sektor yang menurutnya paling krusial saat ini.

“Pariwisata dan budaya (itu) menjadi ujung tombak,” kata dia.

Sandiaga menyatakan, untuk saat ini, Plt Kadisparbud dijabat Sekretaris Disparbud, Asyantoro. Jabatan yang ksosng di wilayah SKPD DKI Jakarta akan dilelang terbuka.

Karena itu, Pemprov DKI Jakarta akan mencari talenta terbaik untuk menggantikan Tinia. “Untuk detailnya, bisa diklarifikasi ke Pak Sekda (Saefullah),” ujar Sandiaga.

Sandiaga menambahkan, selain Tinia, pergantian juga dilakukan terhadap Kepala Dinas Kesehatan Koesmedi Priharto. Meski demikian, Sandiaga tak mengungkapkan apakah jabatan Kadis Kesehatan tersebut sudah diangkat Plt-nya.

“Pak Koesmedi juga sama. Usianya sudah memasuki masa pensiun,” pungkas Sandiaga.

Seperti diketahui, Anies melakukan perombakan besar-besaran di tubuh Pemprov DKI. Anies mengganti seluruh wali kota di Jakarta, termasuk Bupati Kepulauan Seribu.

Selain itu, Anies juga merotasi Kepala Bappeda dan Kadis Bina Marga serta mengganti Kadis Pendidikan, Kadis Perumahan, dan Kadis Sumber Daya Air.