Connect with us

Elektoral

Kader Tak Masuk Kabinet Presiden Jokowi, Demokrat: SBY Segera Sampaikan Sikap Politik

JARRAK.ID

Published

on

Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Presiden Joko Widodo (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Demokrat, Hinca Pandjaitan mengatakan bahwa pihaknya menghormati keputusan politik Presiden Joko Widodo yang tidak menyertakan Partai Demokrat dalam jajaran pemerintahannya.

Menurut Hinca, terlepas dari komunikasi dan ajakan Presiden Jokowi kepada Partai Demokrat pasca-Pemilu 2019, Partai Demokrat meyakini bahwa keputusan Presiden Jokowi untuk tidak menyertakan Partai Demokrat memiliki niat dan tujuan yang baik.

“Partai Demokrat juga mengerti sepenuhnya bahwa penyusunan kabinet merupakan hak preorigatif Presiden yang tidak boleh dipengaruhi pihak manapun,” kata Hinca dalam keterangan tertulis, Rabu, (23/10/2019).

Hinca menegaskan, bahwa Ketua Umum Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan menyampaikan secara resmi kepada seluruh jajaran partai di pusat dan daerah.

“Pada prinsipnya Partai Demokrat ingin berperan dan berkontribusi agar pemerintahan Presiden Jokowi sukses dalam mengemban amanahnya,” kata Hinca.

Hinca mengatakan, sambil menunggu pidato politik Ketua Umum Partai Demokrat berkaitan dengan posisi serta peran PD lima tahun ke depan, baik dalam kehidupan politik maupun pembangunan bangsa, diinstruksikan sekali lagi agar para kader partai tidak mengeluarkan sikap dan pernyataannya sendiri-sendiri

“DPP PD mengucapkan terima kasih atas disiplin dan kepatuhan seluruh kader partai yang tidak memberikan komentar apa pun berkaitan dengan penyusunan kabinet Presiden Jokowi yang baru saja dilaksanakan, apalagi yang sifatnya negatif,” lanjut Hinca.

Hinca menyebut SBY juga akan memberikan sikap resmi terkait isu perubahan konstitusi atau UUD 1945, wacana menghidupkan kembali GBHN, dan lainnya. Demokrat pun mengucapkan selamat atas terbentuknya kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin yang baru saja dilantik pagi tadi.

*Partai Demokrat mengucapkan selamat kepada Presiden Jokowi, Wapres Ma’ruf Amin, dan para menteri yang tergabung dalam jajaran Kabinet Presiden Jokowi untuk masa jabatan yang kedua.”

“PD mendoakan agar kabinet Presiden Jokowi sukses dalam mengemban tugas-tugasnya, sesuai dengan harapan rakyat dan janji-janji kampanye yang disampaikan dalam Pemilu 2019,” tandas Hinca.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer