Kader Bela Negara RI  di 34  Provinsi Serta Nawacita Poros Maritim Dukung Penguatan Industri Baja Nasional Oleh Kemenperin

3 min read

Bela Negara dan Poros Maritim Nawacita Dukung Sektor Industri Baja dan Besi

Jarrak.id Jakarta 16 Juli 2020 | Dalam mendukung penguatan Industri Baja di Indonesia terutama sebagai Industri strategis dan Industri Pertahanan, juga merespon diskusi Baja yang tayang di media Youtube 9/7/2020, oleh Hipmi dan IISIA.

Forum Bela Negara (FBN-RI) beserta beberapa Ormas Bela Negara, Satgas Komando Bela Negara, Komite Nasional Bela Negara (KNBN), serta LBH Bela Negara dan Komponen Ormas termasuk Poros Maritim Nawacita bersatu. Mendukung untuk kesuksesan Industri Baja dan melakukan deklarasi yang dihadiri ribuan kader di salah satu hotel di bilangan Jakarta Pusat.

Komentar Ketua Komando Tugas Republik Indonesia ( KOGAS RI ) Bapak Elisa Wattimena (Elwa) sangat mendukung langkah langkah Kemenperin yang di gagas Dirjen Ilmate, Taufiek Bawazier untuk menumbuhkan Industri Baja Nasional.

Karena menurutnya banyak sekali produk-produk Pertahanan seperti, Tank, Kapal, dan Persenjataan membutuhkan besi dan baja dan sebaiknya kebutuhan baja dapat di penuhi oleh industri dalam negeri, ini sangat strategis.

Bela Negara dan Poros Maritim Nawacita Dukung Sektor Industri Baja dan Besi

Tigor Sinaga, Ketua LBH FBN juga hadir pada kesempatan tersebut dengan antusias menyatakan siap mensukseskan dan mengawal program Pemerintah Jokowi untuk memperkuat industri baja nasional.Tigor yang juga Anggota Advokat ini melihat baja di semua negara menjadi prioritas hampir semua kehidupan kita mulai dari konstruksi, infrastruktur, alat transportasi termasuk mesin semua butuh besi dan baja.

Oleh karena itu menurut Tigor Sinaga pihaknya siap mengawal Kemenperin dalam mengatur impor baja sehingga kekuatan nasional di bidang baja akan terwujud.

Di tengah teriakan Yel Yel Bela Negara, NKRI Harga Mati yang dilakukan oleh Kader Bela Negara se Jabotabek, Wasekjen FBN, Bambang Risdianto juga menyampaikan Dirjen Ilmate saat ini adalah Kader bela negara, malah kami telah menempatkannya sejak awal sebagai pembina.

Jadi bukan tanpa alasan, bila Kami semua sangat bersemangat, termasuk seluruh Kader untuk mendukung langkah langkah Kemenperin.

Menurut Toto, Anggota kader bela negara di 34 Provinsi terus bertambah pesat. Dan tentu akan mensupport penggunaan baja nasional untuk kemajuan industri di NKRI.

Sekjen Poros Maritim Nawacita, Rudi Maulana secara khusus menyampaikan dukungan bangkitnya kapal kapal buatan Dalam Negeri dengan menggunakan Baja Nasional. Sebagai negara maritim yang kuat, langkah ini perlu di apresiasi kata Rudi setelah acara sambutan.

Di sela sela acara terlihat juga Ketua Harian KNBN Levy Maenkom, juga meyakini baja sebagai produk strategis. kita punya sumber daya besi yang banyak di berbagai daerah seharusnya lebih dimanfaatkan untuk industri baja. Impor itu hanya yang kita tidak mampu buat atau tidak cukup.

Kemenperin, Kemendag dan Bea Cukai harus seirama sehingga kebijakan yang dibuat sejalan dengan kemajuan industri baja nasional tegasnya.

Putra menado ini juga mensinyalir adanya permainan pihak-pihak nakal yg terus mengambil keuntungan dari impor baja. Harapan nya adalah kemenperin segera mengendalikan kebijakan impor, jangan sampai mematikan industri dalam negeri.

Ditengah gema Yel Yel Bela Negara, Ketua Ormas Tegas, Ardi Mbalemboeut, Putra NTT yang Juga Ketua DPD KAI Advokat DKI Jakarta menyambut gembira dukungan kader Bela Negara untuk memperkuat industri Baja khususnya untuk Pertahanan dan Infrastruktur. Menurut Ardi, kita mampu untuk membuat di dalam negeri secara bertahap.

Dalam acara tersebut juga tampak dihadiri Anggota Hipakad Jatim, Dedi Arman dan beberapa tokoh juga organisasi kemasyarakaran lainnya.

Di penghujung acara, di tengah Covid 19, para kader bela negara ini tetap menjaga jarak, memakai masker dan menyesuaikan dengan protokol

kesehatan. Setelah acara, mereka tak lupa membagikan bantuan sosial untuk penanggulangan covid 19.

Pewarta : Dedi

Editor : IS