Connect with us

Daerah

Junjung Literasi, JK Resmikan Gedung Baru Kompas Gramedia

JARRAK.ID

Published

on

JAKARTA – JARRAK.ID – Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla resmikan Menara Kompas, sebagai gedung baru Kompas Gramedia, di Palmerah, Jakarta Pusat pada Kamis (26/04/18). “Saya ucapkan selamat untuk Kompas dan keluarga besar Kompas, ujarnya ketika memberikan sambutan.

Dalam peresemian gedung baru tersebut, dimulai dengan pengetikan kata Kompas menggunakan mesin ketik bersejarah oleh Wapres. Mesin ketik itu merupakan mesin ketik yang selalu digunakan oleh pendiri Kompas, Jakob Oetama, untuk menulis tajuk rencana di harian Kompas.

Sementara itu, CEO Kompas Gramedia Lilik Oetoma mengatakan, Menara Kompas tersebut menjadi tanda 50 tahun ulang tahun Kompas sebagai media cetak.

“Kami berterimakasih kepada segala pemangku kepentingan yang menjadi teman setia Kompas,” imbuh Lilik.

Gedung tersebut memiliki bentuk artistik dan memiliki arti-arti dalam dunia literer. Bentuknya yang menyerupai pena merupakan abstraksi alat penting pengungkapan pemikiran manusia.

Selain itu, pena juga jadi simbol kelanjutan perkembangan Kompas dari media cetak ke media elektronik bernama Kompas Gramedia Grup.

Bagian terluar Menara Kompas dilapisi bahan metalik aluminium dengan pola digital acak sebagai abstraksi media elektronik masa kini dan masa depan.

Bagian luar itu menutupi bagian utama gdeung. Bagai lembaran-lembaran berita yang tertata rapih menutupi pena.

Sementara di bagian paling bawah, gunungan rumput jadi simbol bumi Nusantara, tempat Kompas Gramedia Grup selama 50 tahun.

Pembangunan Menara Kompas menghabiskan waktu 3 tahun. Dimulai pada tanggal 16 April 2014 dan selesai pada 17 April 2017.

Dalam peresmian Menara Kompas tersebut, selain Jusuf Kalla hadir juga Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputeri.

Begitu juga jajaran Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, dan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo.

Hadir pula Wakil Kepala Polri Komjen Pol Syafruddin, Gubenur DKI Jakarta Anies Baswedan, Pimpinan Redaksi harian Kompas Budiman Tanuredjo, Pimpinan Redaksi Kompas TV Rosianna Silalahi, dan Pimpinan Redaksi Kompas.com Wisnu Nugroho.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer