Connect with us

Politik

JK Buka Suara Soal Pertemuannya dengan PM Israel, Ternyata Ini yang Dibicarakan

JARRAK.ID

Published

on

Wapres Jusuf Kalla (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) akhirnya mengakui bertemu dengan Perdana Menteri Israel, Banjamin Netanyahu saat sidang umum PBB di New York, Amerika Serikat (AS). Kendati demikian, JK menyebut pertemuan tersebut berlangsung spontan, bukan dalam acara resmi dan rahasia.

Menurut JK, topik yang dibicarakan dengan Netanyahu hanya soal perdamaian Palestina, bukan yang lainnya.

“Bicara-bicara tentang perdamaian saja, bahwa bagaimana sikap dia. Apa yang kita bisa bantu untuk posisi Palestina, bagaimana Israel bagaimana. Itu sambil jalan saja begitu, saling bantu membantu. Itu bukan rahasia pertemuannya,” kata JK di Kantor Wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (2/10/2018).

Perdamaian Israel dan Palestina akan terwujud jika kedua negara kata JK sepakat untuk berdamai.

“Perdamaian kan harus kedua belah pihak,” ujarnya.

JK lalu menjelaskan, banyak pemimpin negara yang hadir saat sidang umum PBB berlangsung di New York. Ada kurang lebih 190 kepala negara baik presiden, wakil presiden, hingga perdana menteri. Di sidang umum PBB juga banyak acara-acara kepala negara yang berlangsung secara bersamaan.

“Jadi ketemu dengan siapa saja itu masa ditolak, tiba-tiba saya menghindar. Yang penting untuk mengetahui juga itu Israel sebenarnya apa pikirannya. Kalau kita ingin membantu perdamaian di suatu negara mesti mengenal kedua belah pihak,” jelasnya.

Saat bertemu dan berkenalan dengan Netanyahu, JK langsung membahas soal perdamaian Palestina. JK memandang pertemuannya dengan Netanyahu di sela sidang umum PBB adalah hal yang wajar, karena pertemuan di antara negara-negara PBB adalah pertemuan multilateral.

“Tidak ada pertemuan pribadi, (tidak ada) begitu kita mengatur pertemuan. Kan pertemuan multilateral, sama-sama anggota PBB, tidak bisa sama-sama anggota PBB saling menghindar. Amerika saja dengan siapa-siapa, dengan Rusia duduk bersama,” tuturnya.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer