Connect with us

Politik

Jika Tak Dikawal Hukum, Mahfud MD: Demokrasi Akan Menjadi Liar

JARRAK.ID

Published

on

Mantan Ketua MK, Mahfud MD (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Mahfud MD mengatakan bahwa praktik demokrasi harus dibarengi dengan penegakan hukum yang adil.

Pasalnya kata dia, demokrasi akan menjadi liar jika tidak diimbangi dengan penegakan hukum.

“Demokrasi itu akan liar kalau tidak dikawal oleh hukum. Bagaimana kita mengembalikan segala persoalan di dalam proses demokrasi itu kepada hukum,” kata Mahfud di Jakarta, Sabtu, (01/06/2019).

Mahfud menegaskan, dalam negara demokrasi hukum memiliki peran penting dalam menjaga persatuan di tengah segala perbedaan.

Ia menilai perbedaan yang tak dikelola secara demokratis akan memunculkan ketidakadilan.

“Tidak ada kesempatan yang sama kepada setiap ikatan kelompok-kelompok masyarakat. Oleh sebab itu harus diolah secara demokratis,” ujarnya.
Menurut Mahfud, selain dua hal itu, nilai yang bisa diambil dari Hari Lahir Pancasila adalah persatuan. Ia menyatakan Pancasila ditetapkan sebagai dasar ideologi negara untuk mempersatukan masyarakat di dalam perbedaan.

“Oleh sebab itu, kita harus ingat bahwa kita harus bersatu di dalam keberbedaan yang sangat beragam,” tuturnya.
Lebih lanjut, Mahfud mengatakan masyarakat bisa bersatu di dalam perbedaan yang dikelola secara demokratis.

“Kita akan bersatu, bersatu di dalam keberbedaan yang dikelola secara demokratis dan demokrasi itu dikawal oleh tegaknya hukum, dan mengembalikan segala problem kepada hukum,” ujarnya

Baca Juga:  Mahfud MD Sebut Prabowo Bisa Menang Sengketa Pilpres di MK, Tapi Ini Syaratnya

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Berita Populer