Connect with us

Daerah

Jembatan Kuning di Palu Roboh, JARRAK: Polisi Wajib Periksa Kontraktornya

JARRAK.ID

Published

on

Jembatan Kuning Ponulele yang rubuh akibat tsunami pascagempa bumi yang melanda Kota Palu dan Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Gempa berkekuatan magnitudo 7,4 dan tsunami yang terjadi di Kota Palu dan Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, Jumat (28/09/2018), tak hanya memakan korban jiwa, tetapi juga menimbulkan berbagai kerusakan.

Salah satu bangunan yang rusak berat adalah jembatan Ponulele. Jembatan yang menghubungkan antara Palu Barat dan Palu Timur itu, menurut BNPB, roboh akibat gempa.

Direktur Eksekutif Badan Pengurus Pusat (BPP) Jaringan Reformasi Rakyat (JARRAK), John K Nahadin mengatakan seharusnya Jembatan Kuning di Palu, Sulteng tidak roboh total sekalipun diterjang gempa. Karena sejak awal semestinya konstruksi bangunan didesain tahan gempa.

“Tanpa mengurangi rasa duka atas peristiwa gempa dan tsunami yang menerjang wilayah Palu dan Donggala di Sulteng, tetapi ada peristiwa yang mesti menjadi perhatian kita semua, terutama soal ambruknya Jembatan Kuning. Sekalipun diterjang gempa, seharusnya jembatan tidak roboh total. Karena sejak awal kontraktor berkewajiban mendesain pembangunan jembatan tahan gempa,” kata Nahadin dalam pesan singkatnya, Minggu malam, (30/09/2018).

Direktur Eksekutif BPP JARRAK, John K Nahadin (Doc. JARRAK)

Oleh karena itu, Nahadin meminta polisi memeriksa kontraktor yang bertanggung jawab terhadap pembangunan Jembatan Kuning. Pemeriksaan ini kata Nahadin, untuk memastikan apakan konstruski jembatan sudah sesuai dengan aturan atau tidak.

“Polisi atau pihak yang bersangkutan harus memeriksa kontraktor pembangunan Jembatan Kuning. Karena kita tidak ingin peristiwa yang sama kembali terjadi di tanah air. Jika tidak keliru, kontraktornya PT Global,” tegas Nahadin.

“Kita juga menyadari amburuknya jembatan memang dipicu oleh bencana alam. Tetapi lazimnya kerusakan tidak akan separah itu, jika memang kontraktor mendesain bangunan tahan gempa,” tandas Nahadin.

Jembatan Ponulele terletak di Kota Palu, Sulawesi Tengah. Jembatan ini diresmikan pada Mei 2006 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Jembatan berwarna kuning ini membentang di atas Teluk Talise, Kelurahan Besusu dan Lere, yang menghubungkan kecamatan Palu Timur dan Palu Barat.

Baca Juga:  Setelah Penuhi Panggilan Polisi, Amien Rais Akan Bongkar Kasus Korupsi di KPK

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer