Connect with us

Berita

JELANG NEW NORMAL, POLSEK KOTA SINGARAJA GELAR SOSIALISASI TERTIB HELM DAN MASKER

JARRAK.ID

Published

on

SINGARAJA-JARRAK.ID – Untuk menyongsong new normal dan juga untuk membudayakan ketertiban di masyarakat, Polsek Kota Singaraja, Kabupaten Bulelneg, Bali, bersama komponen masyarakat melakukan deklarasi membudayakan tertib lalu lintas dan tertib masker bertempat di halaman Polsek Kota Singaraja.

Kegiatan deklarasi ini dihadiri oleh Camat Buleleng Putu Riang Pustaka, Danramil 1609-01 Buleleng Kapten Infantri Rifa’I, Kelian Adat Desa Pakraman Buleleng Nyoman Sutrisna, komunitas motor, komunitas seni, karang taruna, dan pelajar

Selain deklarasi, juga dilakukan sosialisasi tentang pentingnya penggunaan helm dan masker. Menariknya sosialisasi itu dikemas melalui gaya seni yang dibawakan Bondres Rare Kual di Pasar Buleleng, Pasar Banyuasri, dan Pasar Anyar.

Kapolsek Kota Singaraja, Kompol I Gusti Ngurah Yudistira menyatakan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk membudayakan tertib lalulintas terutama penggunaan helm dan penggunaan masker jelang penerapan new normal.

“Deklarasi ini untuk membudayakan tertib berlalu lintas masyarakat Bali, sesuai dengan komandarus bapak kapolda. Dalam hal ini, penggunaan helm. Yang kedua adalah situasi COVID-19 kita membudayakan masyarakat Buleleng ini agar tetap menggunakan masker, untuk menyongsong era new normal,” jelas Kapolsek Yudistira di sela-sela acara sosialisasi.

Kata dia, sosialisasi tertib lalulintas dan tertib masker ini sanggat penting menyongsong new normal karena Bali akan salah satunya akan dibuka tempat wisatawan.

“Jadi kita harus sudah siap, dalam perubahan perilaku yang lebih baik. Ini yang diikuti seluruh komponen yang ada, di masyarakat Kecamatan Buleleng. Kita menggandeng semua lapisan masyarakat yang ada di Kecamatan Buleleng, untuk bersama – sama membantu mensosialisasikan, mengedukasi masyarakat agar selalu tertib berlalu lintas, dan menggunakan helm dan masker tentunya,” urai Kapolsek Yudistira.

Di tempat yang sama, Camat Buleleng Putu Riang Pustaka mendukung kegiatan ini dan juga mengatakan bahwa penggunaan helm dan masker sangat penting sekarang. Bagi Camat Riang, yang menarik adalah kombinasi dengan seni budaya dalam kegiatan sosialisasi ini.

“Nah ini bagus sekali apa yang dilakukan oleh bapak Kapolsek Singaraja, menggabungkan budaya kebiasaan helm dan masker, untuk keselamatan berlalu lintas dan juga keselamatan terhadap covid-19 begitu saja,” puji Camat Riang.

”Dulu menggunakan helm tidak menjadi budaya, tetapi karena terus diberikan sosialisasi akhirnya kesadaran masyarakat malah meningkat, bahkan sekarang kalau tidak menggunakan helm rasanya risih. Kami mendukung penuh gerakan penggabungan budaya ini sehingga lebih meningkatkan kesadaran,”jelas Camat Riang.

Hal senada juga diungkapkan Danramil 1609-01 Buleleng, Kapten Infantri Rifa’i. Ia mengapresiasi cara sosialisasi yang dilakukan oleh Polsek Kota Singaraja.

“Kegiatan ini sangat baik sekali, karena apa selama ini kita sudah melakukan baik di jajaran TNI Polri. Dengan cara-cara, kita dengan uniforum lengkap dan lain sebagainya, sehingga mugkin selama ini, masih banyak masyarakat yang kurang sadar tentang penggunaan helm maupun masker, di era covid-19. Tetapi dengan cara edukasi, dengan seperti budaya bondres, ini kemungkinan akan lebih menyentuh akan lebih mengena, jadi lokal,” papar Kapten Rifa’i.

“Jadi apa kebiasaan masyarakat tadi dengan cara cara bondres tradisi di Bali ini, itu dengan sentuhan sentuhan edukasi seperti itu akan lebih diterima masyarakat, mungkin secara intinya seperti itu,” sambungnya lagi

Sementara Kelian Desa Pakraman Buleleng Nyoman Sutrisna mendukung penuh gerakan era new normal sebagai tatanan kehidupan baru. “Kami sangat support dari Pakraman Buleleng adanya deklarasi menyongsong era new normal yang sekiranya perlu kita lakukan bersama-sama dan juga selalu pemperhatikan PHBS dan juga dalam berkendaraan kita juga sudah seharusnya memakai helm dengan baik dan benar serta masker. Ketaatan serta kedisiplinan kita dijalan perlu terus digalaknkan,” tandas Nyoman Sutrisna yang mantan Kadis Pariwisata Buleleng itu.

Penulis: Francelino
Editor: Sarjana

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer