Connect with us

Daerah

Jamkesda KS-NIK Kota Bekasi Dihentikan 2020

JARRAK.ID

Published

on

Jamkesda KS - NIK Kota Bekasi (Doc. Net)

BEKASI – JARRAK.ID – Pemkot Bekasi akan menghentikan sementara Jaminan Kesehatan Daerah Kartu Sehat berbasis Nomor Induk Kependudukan (Jamkesda KS-NIK) mulai 1 Januari 2020 mendatang.

Dalam Surat Edaran Walikota Bekasi yang diterima oleh tim redaksi bahwa dasar penghentian program ini adalah Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 33/2019 tentang Pedoman Penyusunan APBD 2020 terutama dalam bagian h poin 8.

Isi dari pedoman tersebut adalah Bahwa Pemerintah Daerah tidak diperkenankan mengelola sendiri (sebagian atau seluruhnya) Jaminan Kesehatan Daerahnya dengan manfaat yang sama dengan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), termasuk mengelola sebagian Jaminan Kesehatan Daerahnya dengan skema ganda.

Dalam Surat Edaran Walikota Bekasi tersebut, disampaikan bahwa Program Jamkesda KS-NIK diberhentikan sementara terhitung mulai 1 Januari 2020 dan Pemerintah Kota Bekasi sedang merumuskan kebijakan pelayanan kesehatan yang bersifat komplementer dan tidak tumpang tindih dengan program JKN yang dikelola oleh BPJS Kesehatan

Dengan terbitnya Surat Edaran ini maka warga Bekasi akan kembali menggunakan BPJS Kesehatan dalam mendapatkan pengobatan mulai tahun depan.

 

Jarrak.id/Uta

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer