Connect with us

Daerah

Jaksa Sebut Wartawan yang Meninggal di Tahanan Juga Penggerak Aksi Demo

JARRAK.ID

Published

on

JAKARTA – JARRAK.ID  Kepala Seksi Pidana Umum Kejaksaan Negeri (Kejari) Kotabaru, Kalimantan Selatan Wahyu mengatakan bahwa wartawan kemajuanrakyat.co.id atas nama Muhammad Yusuf, yang dikabarkan meninggal dunia di dalam penjara adalah tahanan hakim.

Sebelumnya diberitakan bahwa Muhammad Yusuf adalah tahanan Kejaksaan yang dititipkan di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kotabaru.

“Jadi (Yusuf) bukan tahanan kepolisian, bukan tahanan kejaksaan, melainkan tahanan hakim. Karena perkaranya telah disidangkan, jadi penahanan beralih dari kejaksaan ke pengadilan sejak perkara tersebut dilimpahkan ke pengadilan,” jelas Wahyu sebagaimana dilansir Detik.com, Senin, (11/06/2018).

Wahyu menegaskan dirinya sengaja menangani perkara yang disangkakan kepada Muhammad Yusuf dengan dalih alasan moril untuk menjaga nama baik profesi wartawan.

“Saya menjaga marwah wartawan, lo. Masak sih profesi wartawan dimainkan seperti itu. Dia yang mengatur demo, dia yang masukkan sendiri beritanya. Dia cari massa, sesudah cari massa, demo, hasilnya dia masukkan sendiri ke media online-nya. Di PWI juga tidak terdaftar dia (Yusuf),” terang Wahyu.

Yusuf diproses hukum karena laporan sebuah perusahaan sawit di daerah Kotabaru, Kalimantan Selatan, yang merasa terus-menerus ‘diserang’ lewat pemberitaan di media online oleh Yusuf.

Dia dijerat Pasal 45 ayat 3 dan atau 45A ayat 2 UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Baca Juga:  BREAKING NEWS: Polisi Resmi Tetapkan Vanessa Angel Tersangka Prostitusi Online

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer