Connect with us

Daerah

Jaksa KPK Tuntut Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan 8 Tahun Penjara

JARRAK.ID

Published

on

Wakil Ketua DPR, Taufik Kurniawan (Doc. Net)

SEMARANG – JARRAK.ID – Jaksa KPK resmi menjatuhkan tuntutan 8 tahun penjara kepada Wakil Ketua DPR, Taufik Kurniawan dalam kasus suap pengurusan dana alokasi khusus (DAK) untuk Kabupaten Kebumen dan Purbalingga.

Taufik dinilai melanggar Pasal 12 huruf a Undang-undang Nomor 31 tahun 1999 sebagaimana diubah dalam Undang-undang Nomor 20 tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi.

“Pidana penjara untuk terdakwa Taufik Kurniawa dengan pidana penjara selama 8 tahun dikurangi selama terdakwa ditahan,” jelas Joko Hermawan di Pengadilan Tipikor Semarang, Senin, (24/06/2019).

“Terdakwa juga diharuskan mengembalikan kerugian negara sebesar Rp 4,24 miliar yang diperhitungkan dengan uang sejumlah Rp 4,24 miliar yang dititipkan kepada KPK dan dirampas Negara untuk pengganti,” kata Joko.

Untuk diketahui, disebutkan fee yang diterima terdakwa menurut jaksa yaitu dari pengurusan DAK untuk Kabupaten Kebumen yang bersumber dari perubahan APBN 2016 sebesar Rp 3,65 miliar dan pengurusan DAK untuk Kabupaten Purbalingga yang bersumber dari perubahan APBN 2017 sebesar Rp 1,2 miliar.

Baca Juga:  Cuaca Buruk Halangi Pencarian Korban Tenggelamnya Kapal di Danau Toba

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Berita Populer