Connect with us

Politik

Jaksa Kembali Terjaring OTT KPK, Presiden Jokowi Dinilai Sudah Pantas Copot Prasetyo

JARRAK.ID

Published

on

Jaksa Agung, HM Prasetyo (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Presiden Joko Widodo dianggap sudah pantas mencopot Jaksa Agung, HM Prasetyo menyusul kembali terjaringnya seorang jaksa di Yogyakarta dalam OTT KPK.

“Ia harus dicopot dari jabatannya. Karena ini adalah pembangkangan atau insubordinasi dari lembaga yang dipimpin oleh HM Prasetyo terhadap Instruksi Presiden untuk mengemban misi pengawalan dan pengamanan pemerintah dan pembangunan daerah,” kata praktisi hukum Petrus Saleatinus di Jakarta, Selasa (20/08/2019).

Menurut dia, kejahatan suap yang dilakukan oleh oknum-oknum Jaksa tidak jauh dari pusat kekuasaan seperti yang pernah dilakukan Jaksa di Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta, Jaksa di Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah dan Jaksa pada Kekaksaan Negeri Yogyakarta secara berturut-turut kena OTT.

“Belum lagi yang tidak kena OTT tetapi sesungguhnya tengah melakukan praktek yang sama di tempat berbeda,” jelas Koordinator Tim Pembela Demokrasi ini.

Petrus beranggapan, lebih baik Presiden Jokowi lebih baik membubarkan TP4D, karena semakin Jaksa-Jaksa ini diperluas wewenang dan kekuasaannya, justru kekuasaan itu lebih banyak disalahgunakan.

“Lebih baik Presiden percayakan TP4D kepada masyarakat atau LSM ketimbang Kejaksaan, karena kenyataannya kewenangan pengawalan dan pengamanan yang dimiliki itu lebih banyak diperjualbelikan demi uang,” tutup Petrus.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer