Connect with us

Daerah

Jadi Tersangka KPK, Sofyan Basir Resmi Dicopot dari Dirut PLN

JARRAK.ID

Published

on

Sofyan Basir (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Kementerian BUMN resmi mencopot Sofyan Basir sebagai Direktur Utama PLN.

Keputusan ini diambil menyusul penetapan tersangka kepada Sofyan Basie dalam kasus suap proyek PLTU Riau-1 oleh KPK.

“Lengkapnya nanti konfirmasi ke PLN, karena ini korporasi. Tapi intinya dewan komisaris hari ini menonaktifkan dirut PLN dan menunjuk pelaksana tugas karena dirut sebelumnya diminta konsentrasi menyelesaikan kondisi saat ini,” kata Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata Kementerian BUMN Edwin Hidayat Abdullah, Rabu, (24/04/2019).

KPK menduga Sofyan diduga bersama-sama atau membantu mantan Wakil Ketua Komisi VII DPR dari Fraksi Partai Golkar Eni Maulani Saragih dan kawan-kawan menerima hadiah atau janji dari pemilik saham Blackgold Natural Resources Ltd Johannes Budisutrisno Kotjo.

Sofyan dituding berperan dalam membantu Blackgold melalui anak usahanya PT Samantaka Batu bara untuk mendapatkan proyek PLTU Riau-I. Samantaka akan memasok kebutuhan batu bara untuk pembangkit listrik tenaga uap mulut tambang itu.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer