Connect with us

Daerah

Jadi Ibu Kota Baru RI, Kaltim Diguncang Gempa 4,8 SR

JARRAK.ID

Published

on

Ilustrasi (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Gempa berkekuatan 4,8 SR mengguncang wilayah Tamah Grogot, Kabupaten Pasir, Kalimantan Timur pada Kamis siang, (22/08/2019).

Pusat gempa berada di koordinat 1,94 Lintang Selatan dan 116,1 Bujur Timur. Jaraknya 511 km arah Barat Laut Kota Makassar, 198 km arah Barat Daya Samarinda, 107 km arah Timur Laut Barabai.

Warga net kemudian ikut berkomentar soal peristiwa gempa dan rencana pemindahan ibu kota baru ke Kaltim, yang salah satunya untuk memimalkan potensi bencana alam.

“Pdhal itu daerah buat rencana pemindahan ibu kota ya min? allahu akbar,” cuit akun @TE_MBRE. Sementara akun @fahri_nanda mengatakan,”Kekuasaan allah tidak bisa di hindari kalimantan pulau yang di banggakan kata nya nggak ada rawan gempa kini terjadi”.

Menanggapi hal ini, Info Mitigasi melalui akun Twitter @infomitigasi menjelaskan, jika wilayah Kaltim dan Kalimantan Tengah buka berarti bebas dari potensi bencana alam seperti gempa bumi.

Hanya saja, intensitasnya lebih jarang dibanding Sumatera, Jawa, Bali, NTT, NTB, dan Sulawesi.

“Jadi, bila ada netizen yang mengira Kalimantan bebas dr kegempaan, itu salah. Saran saya, lebih banyak lagi membaca dan mencari referensi perihal kegempaan di Pulau Kalimantan,” cuit akun @infomitigasi.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer