Connect with us

Mancanegara

Israel Akan Undang Trump di Acara Pembukaan Kedubes AS di Yerusalem

JARRAK.ID

Published

on

TEL AVIV – JARRAK.ID — Prisiden Amerika Serikat, Donald Trump dijadwalkan akan bertemu dengan Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu pada hari Senin (05/03/18).

Pada momentum pertemuan tersebut, salah satunya akan membahas tentang pemindahan Kedutaan Besar Amerika Serikat dari Tel Aviv ke Yerusalem, dan Netanyahu akan mengundang Trump saat peresmian yang rencananya akan mulai dibuka pada bulan Mei mendatang.

Sebelumnya, pemerintah AS telah menyampaikan keinginan untuk memindahkan kantor kedubes mereka dari Tel Aviv ke Yerusalem pada perayaan ulang tahun ke-70 berdirinya Israel, 14 Mei mendatang.

“Saya pasti akan mendiskusikannya dengan Trump soal kemungkinan (kehadirannya dalam pembukaan kedubes di Yerusalem) itu,” kata Netanyahu kepada wartawan sebelum memasuki pesawat yang akan membawanya ke AS, Sabtu (3/3/2018) malam.

Netanyahu menambahkan, dirinya sangat berterima kasih kepada Trump, baik atas pengakuan terhadap Yerusalem sebagai ibu kota Israel pada Desember 2017 lalu, maupun saat mengumumkan akan memindahkan kedubes AS dari Tel Aviv pada perayaan hari kemerdekaan negaranya.

Israel menyatakan kemerdekaannya pada 14 Mei 1948, menjadikan hari itu bersejarah bagi negara Yahudi tersebut.

Namun bagi warga Palestina, tanggal itu disebut sebagai malapetaka, di mana ratusan ribu orang dipaksa melarikan diri dan terusir dari rumah mereka dalam peperangan yang diciptakan Israel.

Setelah membuat marah dunia dengan pengakuan terhadap Yerusalem sebagai ibu kota Israel pada Desember 2017, pemerintahan Trump kembali menuai kecaman dengan rencana pemindahan kantor kedubesnya pada tanggal tersebut.

Kantor kedubes AS di Yerusalem yang akan diresmikan pada Mei itu rencananya masih bersifat sementara dengan menggunakan gedung bekas konsuler. Washington hingga saat ini masih mencari lokasi yang sesuai untuk dijadikan kantor kedubes yang permanen. Seperti dilaporkan AFP.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer