Connect with us

Politik

Ismail Yusanto Jawab Tudingan Yaqut Cholil: Ustad Somad Bukan HTI

JARRAK.ID

Published

on

Juru Bicara Hisbut Tahrir Indonesia (HTI) Ismail Yusanto (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Ustaz Abdul Somad disebut bukan bagian maupun anggota Hisbut Tahrir Indonesia (HTI). Demikian diungkpakan oleh Juru Bicara HTI Ismail Yusanto menanggapi Gerakan Pemuda (GP) Ansor yang mengklaim telah menemukan keterkaitan antara Somad dengan HTI sejak 2013.

“Enggak. Enggak betul itu,” ujar Ismail seperti dilansir CNNIndonesia.com, Selasa (4/9/2018).

Ismail menjelaskan, pernyataan GP Ansor yang menuding bahwa Ustad Somad memiliki keterkaitan dengan HTI adalah fitnah. Bahkan, menurut Ismail, GP Ansor sering berbuat ulah dengan menuding banyak pihak.

“Dia (GP Ansor) sudah biasa nuduh sana nuduh sini. Membubarkan pengajian sudah biasa,” kata Ismail.

Namun begitu, Ismail sendiri mengaku tidak mau memperuncing masalah atas tudingan GP Ansor itu. Pihaknya memilih diam atau tidak melanjutkan tudingan itu ke ranah hukum. “Kami diam, dan kami sudah tahu dia (GP Ansor) itu bagaimana, jadi biarkan saja,” ujarnya.

Ismail merasa keberatan karena pihaknya kerap disalahkan terutama dalam aksi #2019GantiPresiden dan penolakan Somad. Ia bahkan menyebut aparat berada di balik upaya pencatutan nama HTI dalam aksi-aksi tersebut.

Diketahui sebelumnya, Ketua Umum Pimpinan Pusat GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas mengungkapkan pihaknya tak melarang Ustaz Abdul Somad (UAS) berceramah. Namun, pihaknya menemukan keterkaitan Ustad Somad dengan HTI sejak 2013.

Selain itu, Yaqut mengungkapkan, berdasarkan penelusuran pihaknya, beberapa ceramah Somad berisi ajakan jemaah berbaiat kepada khilafah.

Yaqut lalu menilai, hal tersebut bisa ditemukan melalui jejak digital yang ditinggalkan oleh UAS di akun media sosial pribadinya.

“Dia pernah ajak berbaiat kepada khilafah, melakukan fitnah di media sosial, menyebut kalau Nabi Muhammad tidak mampu wujudkan Islam yang rahmatan lil alamin,” ujar Yaqut.

Baca Juga:  BNPT Gagal Bujuk Aman Abdurrahman untuk Dukung Program Deradikalisasi Pemerintah

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer