Connect with us

Daerah

Internal KPK Bergejolak, Pegawai Tuding Pimpinan Licik

JARRAK.ID

Published

on

Gedung KPK (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Internal Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tengah bergejolak. Hal itu setelah adanya rotasi terhadap 14 pegawai yang disebut tak dilakukan secara transparan.

Akibatnya, Ketua Wadah Pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Yudi Purnomo Harahap mengajukan protes atas keputusan pimpinan KPK tersebut.

“Penentuan posisi rotasi yang tidak diketahui persis dasar kompetensinya dan dugaan pelanggaran prinsip-prinsip dasar KPK,” kata Yudi melalui pesan singkat kepada awak media, Rabu, (15/08/2018).

Disisi lain, Yudi sejatinya tak mempersoalkan rotasi yang menurutnya memang wajar dilakukan dalam sebuah lembaga.

Ia hanya menyayangkan rotasi tersebut tak dilakukan secara transparan. Bahkan Yudi mengaku kebijakan rotasi KPK tidak menggunakan tata cara yang jelas, dan tanpa ada kriteria tertentu terkait pegawai seperti apa yang harus dirotasi.

Yudi menambahkan, seharusnya rotasi yang dilakukan oleh komisi anti rasuah tersebut harus memperhatikan sistem demi terciptanya pengorganisasian yang akuntabel dan transparan.

“Sistem inilah yang memastikan peran masing-masing elemen dapat saling mengawasi sehingga mencegah potensi korup yang bisa terjadi,” ucap Yudi.

Kedepan, Yudi berharap KPK melakukan rotasi pegawai dengan berpedoman pada peraturan yang ada. Jika tidak, maka kebijakan rotasi hanya akan menjadi langkah licik untuk menyingkirkan orang-orang yang selama ini kritis dan vokal di KPK.

Menanggapi protes Wadah Pegawai KPK itu, Ketua KPK Agus Raharjo mengaku kalau rotasi sejumlah 14 pegawai tersebut dilakukan karena mereka telah lama menjabat di posisi tersebut.

“Ya sudah ada yang delapan tahun tidak pernah berpindah tempat,” ujar Agus.

“Jadi transparansi bukan pada saat final pengangkatan, tapi pada waktu mereka meniti jenjang untuk mencapai kriteria. Itu loh yang harus transparan,” tambahnya.

Baca Juga:  Jadi Saksi Kasus Suap Eddy Sindoro, Siapakah Sebenarnya Dina Soraya?

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer