Connect with us

Politik

Insiden Penembakan di Papua, Ketua DPR Minta TNI-Polri Terjunkan Pasukan Elite

JARRAK.ID

Published

on

Ketua DPR, Bambang Soesatyo (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Ketua DPR, Bambang Soesatyo mengutuk keras insiden penembakan terhadap 31 pekerja proyek Trans Papua oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB).

Politikus Partai Golkar itu meminta agar kelompok yang membuat kekacauan tersebut segera ditangkap dan ditumpas sampai ke akarnya.

Bamsoet sapaan akrabnya juga meminta TNI-Polri untuk mengerahkan pasukan elite dalam memburu kelompok tersebut.

“Terkait dengan penembakan di Papua atau tindakan kekerasan yang merenggut korban jiwa dari kelompok bersenjata di sana, kami sudah menyatakan dengan tegas, DPR khususnya pimpinan DPR RI, mengutuk keras tindakan tersebut dan meminta saudara Panglima TNI dan saudara Kapolri untuk segera mengerahkan seluruh kekuatan yang ada, khususnya pasukan-pasukan elite yang ada di kesatuan-kesatuan mereka untuk memburu para pelaku tindak kekerasan dan kekejaman tersebut sampai ke akar-akarnya,” ujar Bamsoet di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (5/12/2018).

“Karena tidak boleh dianggap kecil, tidak boleh dianggap sepele, karena kalau tidak, ini akan begini terus, jadi harus dituntaskan sampai ke akar-akarnya,” imbuhnya.

Bamsoet meminta kasus tersebut diusut tuntas karena berkaitan dengan keamanan negara. Ia juga ingin agar dalam pengusutan kasus ini tidak mempermasalahkan soal Hak Asasi Manusia (HAM).

“(Diusut tuntas) berapapun biayanya, berapapun cost yang harus kita tanggung, karena keamanan negara, keamanan rakyat kita adalah nomor satu. Demikian juga soal HAM, saya pribadi mendorong itu ditindak tegas. Urusan HAM kita bicarakan kemudian,” tegasnya.

Bamsoet menuturkan dirinya sudah mendapat laporan dari Komisi I dan Komisi III DPR RI yang akan memanggil Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian ntuk meminta keterangan lebih lanjut terkait kasus ini. Ia juga mengapresiasi Presiden Joko Widodo yang akan tetap melanjutkan pembangunan infrastruktur di Papua.

Baca Juga:  Prabowo Semakin Gesit: Tiga Hari Kunjungi Empat Tokoh

“Saya juga memberikan apresiasi kepada presiden yang tidak akan menghentikan pembangunan dan tetap terus mengerjakan pembangunan jembatan dan jalan atau infrastruktur di Papua dengan bantuan pengamanan dari seluruh kekuatan TNI maupun Polri yang kita miliki,” ucap politikus Golkar ini.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer