Connect with us

Other

Inilah yang Akan Terjadi Pada Tubuh dan Otak Jika Kita Berhenti Minum

JARRAK.ID

Published

on

Ilustrasi (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Mungkin sebagian besar dari kita masih belum tahu apa kira-kira yang terjadi pada tubuh dan otak kita jika kita memutuskan untuk berhenti minum; baik minum air putih, jus, teh, atau bahkan minuman ringan lainnya.

Menurut sejumlah keterangan para ahli, hal buruk akan terjadi jika kita berhenti untuk minum. Pasalnya 60% tubuh manusia terdiri dari kandungan air dan harus terus diisi, apalagi jika kita melakukan suatu kegiatan yang memicu rasa capek dan mengeluarkan keringan.

Pada dasarnya air berfungsi untuk mengangkut semua nutrisi dan hormon penting ke seluruh tubuh. Air juga berfungsi sebagai bantalan sendi, mengatur suhu di dalam tubuh, dan melumasi bola mata kita.

Dilansir dari Science Alert, Minggu, (30/06/2018), sekitar 1,5 liter air hilang karena proses buang air kecil dan berkeringat setiap harinya karena berbagai aktifitas yang dilakukan, baik ringan dan berat.

Pusat haus di otak yang terletak di hipotalamus akan berkomunikasi dengan pembuluh darah untuk mengetahui seberapa terhidrasinya kita.

Saat tingkat hidrasi turun di bawah ideal, maka otak akan segera memberi tahu tubuh untuk segera meminum sesuatu. Lalu, apa yang terjadi jika kita enggan melakukannya?

Dalam penjelasan AsapSCIENCE, ukuran otak akan menyusut dan membuat kita mereasa pusing, bahkan bisa mengakibatkan rasa sakit.

Penelitian juga menuntukkan, otak yang haus akan kurang efisien dan butuh lebih banyak oksigen untuk melakukan tugas. Dampaknya, kita akan mual, linglung, dan pusing. Tidak ada satu pun yang mengatakan kurang minum baik untuk tubuh.

Baca Juga:  Al Quran Jadi Barang Bukti Kasus Terorisme, Gerindra Sebut Pelecehan Terhadap Islam

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer