Connect with us

Other

Inilah Tips untuk Mengatasi Mata Merah

JARRAK.ID

Published

on

Ilustrasi (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Mata merah yang muncul tanpa rasa sakit umumnya tidak berbahaya, tapi Anda mungkin merasakan sensasi tidak nyaman saat mengalaminya. Tidak perlu khawatir, ada beberapa cara mengatasi mata merah yang dapat Anda lakukan untuk mengantisipasi gangguan kesehatan mata ini.

Berikut adalah berbagai cara yang dapat dilakukan agar mata merah tidak mengganggu aktivitas Anda, dilansir dari Hello Sehat.

1. Mengompres mata

Kompres dapat meredakan kemerahan dan rasa tidak nyaman pada mata Anda. Anda hanya perlu membasahi kain katun lembut yang bersih dengan air hangat atau air dingin. Peras kain tersebut hingga tidak ada lagi air yang menetes. Kemudian, tempelkan pada kelopak mata Anda selama beberapa menit.

2. Menjaga kebersihan mata

Selain partikel kotoran, ada berbagai hal di sekitar Anda yang dapat menjadi penyebab mata merah. Agar mata tidak mengalami iritasi ataupun alergi, pastikan bahwa kebersihan mata Anda selalu terjaga dengan baik.

3. Melindungi mata dari pemicunya

Cara mengatasi mata merah yang paling sederhana adalah dengan menghindari pemicunya. Hindari berbagai benda, tempat, maupun lingkungan sekitar yang dapat memicu iritasi maupun alergi pada mata. Pemicu alergi yang harus diwaspadai biasanya adalah asap, debu, dan serbuk sari.

4. Menggunakan obat tetes mata

Obat tetes mata bisa menimbulkan reaksi yang beragam pada setiap orang. Jadi, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakannya. Mengatasi mata merah dengan cara meneteskan obat mata dalam jangka panjang juga tidak disarankan karena dapat berisiko menyebabkan pembengkakan dan memperparah gangguan kesehatan mata ini.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer