Connect with us

Other

Inilah Tips Menjalankan Puasa Ramadhan Bagi Ibu Hamil

JARRAK.ID

Published

on

Ilustrasi (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Meski diperbolehkan untuk tidak berpuasa saat menyusui, nyatanya banyak ibu menyusui yang rindu ingin menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Jika tak mengganggu kesehatan dan produksi ASI untuk bayi, Anda yang sedang menyusui bisa melaksanakan puasa Ramadhan. Bagaimana caranya iagar ibu menyusui bisa menahan lapar tetapi ASI bisa tetap lancar?

Dilansir dari The Asian Parent, berikut tips aman dan sehat menjalankan puasa untuk ibu menyusui.

1. Tetap makan tiga kali dengan gizi seimbang

Selama berpuasa, frekuensi makan tetap tiga kali sehari, dimulai dari buka puasa hingga sahur. Pilih menu yang bergizi dan perbanyak sayur yang kaya akan serat. Usahakan komposisi nutrisi terdiri dari 20% lemak, 30% protein, dan 50% karbohidrat.

2. Perbanyak konsumsi cairan

Asupan air putih dari mulai berbuka puasa hingga sahur harus minimal 2 liter. Anda juga bisa menambahkan konsumsi cairan lain seperti jus buah, madu, dan susu.

3. Cukup istirahat

Saat berpuasa, ibu menyusui harus istirahat cukup dan tetap rileks. Bila merasa lemas saat berpuasa, cobalah untuk istirahat sejenak.

4. Tetap disiplin perah dan menyusui

Salah satu ketakutan terbesar para ibu menyusui puasa adalah ASI yang tidak lancar. Prinsip ASI tetaplah sama: supply by demand.

Artinya, semakin sering payudara diisap oleh bayi, maka produksi ASI akan semakin banyak. Jadi, bila selama puasa Bunda tetap rajin menyusui dan memerah, maka ASI akan tetap lancar.

5. Jangan memaksakan puasa bila tidak sanggup

Anda adalah orang yang paling memahami kondisi tubuh diri sendiri maupun bayi. Bila merasa tak sanggup menjalankan ibadah puasa, jangan memaksakan diri.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer