Connect with us

Politik

Inilah Skenario PKS untuk Bagi-Bagi Kekuasaan Jika Tahun Depan Menang Pilpres

JARRAK.ID

Published

on

Ketua DPP PKS, mardani Ali Sera (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Mardani mengaku bahwa partainya sudah sepakat menunjuk Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Sandiaga Uno untuk membagi jatah kekuasaan jika tahun depan menang Pilpres.

“Saya jumpa Sandi, bro, ambil inisiatif lah, bro. Ada 4 sampai 5 partai tempatkan sekarang yang mulai mendekat Gerindra-PKS. PAN dan PBB mau masuk,” kata Mardani di Kompleks Parlemen, Kamis, (05/07/2018).

“Ayo gimana power sharing-nya. Usul saya, jumlah kementerian potong, karena ini sangat tidak efisien. Misalnya 34 kementerian nah angka 25-26 cukup,” terang Mardani.

Mardani meminta Sandi agar jatah menteri dibagi rata, 50% untuk partai politik dan 50% sisanya diisi kalangan profesional.

“Ada jatah 13-14 kementerian, ambil. Monggo dibagi dan fair. Dan umumkan dari PKS usulnya ini menterinya, Gerindra ini, PAN ini, PKB ini,” beber Mardani.

Selain itu, jika ada partai yang mencalonkan wakil presiden (cawapres), maka jatah akan berkurang. Ini akan bertambah dan berkurang sesuai kesepakatan.

Dia mencontohkan seandainya PKS mengambil jatah cawapres, hanya akan mendapat tiga pos menteri. Sementara jumlah pos menteri untuk PAN akan bertambah. Kata Mardani, Sandi telah setuju dengan usulnya tersebut.

Selain itu, Mardani juga sudah menggambarkan kementerian yang akan dibentuk. Jika ada 10 kementerian, maka kementerian itu ialah Kementerian Keuangan, Kemendagri, Kemenlu, Pertahanan.

“Nanti ada pendidikan, ada hukum dan HAM bisa kesehatan juga. Kementerian grade A semua,” kata dia.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer