Connect with us

Elektoral

Inilah Penyebab Elektabilitas Prabowo Keok di Jawa Barat

JARRAK.ID

Published

on

Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Indo Barometer baru-baru ini kembali merilis survei tentang tingkat elektabilitas Prabowo Subianto, khususnya di Provinsi Jawa Barat. Dalam survei yang dilakukan tersebut, elektabilitas Ketua Umum Gerindra ini dalam Pilpres 2019 mendatang masih kalah jauh dengan rivalnya, Joko Widodo yang merupakan calon incumbent.

Hasil survei ini seolah kontradiktif dengan perolehan suara Prabowo pada gelaran  Pilpres 2014 yang lalu. Pasalnya, saat itu justru suara Prabowo jauh meninggalkan Jokowi.

Berdasarkan data yang ada, PadaPilpres 2014 lalu, pasangan Jokowi-Jusuf Kalla hanya mendapatkan 9.530.315 suara di tanah Pasundan itu. Sementara pasangan Prabowo-Hatta unggul jauh dengan perolehan 14.167.381 suara.

“Dari hasil survei pilihan capres di Jawa Barat, Jokowi berhasil meraih elektabilitas sebesar 33,6 persen. Sedangkan Prabowo mendapat 22,8 persen,” ujar Direktur Eksekutif Indo Barometer M.Qodari di Hotel Harris FX, Senayan pada Rabu, (20/06/2018).

Qodari menjelaskan, faktor pendorong suara Jokowi melejit di Jawa Barat adalah karena tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Jokowi juga tinggi, yaitu sebesar 60,2 %. Selain itu, masih banyak warga Jabar yang menghendaki Jokowi kembali menjadi presiden pada periode 2019-2024 yaitu dengan prosentase sebesar 43,7 %.

Survei yang dilakukan oleh Indo Barometer ini menggunakan model pertanyaan terbuka. Artinya responden bebas memilih siapa  calon presiden yang  di kehendaki. Hasilnya, nama Prabowo dan Jokowi tetap muncul di posisi teratas.

Tercatat ada juga nama lain seperti Gatot Nurmantyo yang muncul tetapi elektabilitasnya masing-masing tidak lebih dari 2 %.

Hal yang juga patut menjadi perhatian  dari survei di Jabar ini adalah munculnya angka 40,6 % responden yang tidak menjawab atau tidak tahu. Namun menurut Qodari,”Ini terjadi karena baru Presiden Jokowi yang jelas akan maju, penantangnya kan belum jelas,” tandas Qodari.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer