Connect with us

Mancanegara

Inilah Patung Bung Karno Pertama di Luar Negeri

JARRAK.ID

Published

on

CIUDAD DE MEXICO – JARRAK.ID – Patung Presiden Pertama RI, Ir. Soekarno akan segera dibangun di Ibu Kota Meksiko, Amerika Selatan. Rencana untuk pembangunan patung ini, telah direncanakan sejak awal tahun 2016, dan segera terwujud pada bulan Mei 2018.

Nadjamuddin Ramly, Direktur Warisan dan Diplomasi Kebudayaan, Kementrian Pendidikan Kebudayaan menyebutkan “Kemarin di KBRI Mexico City saya menyaksikan penandatangan kontrak antara KBRI Mexico dengan pematungnya, Edysa Ponzanelli, pematung Meksiko. Direncanakan patungnya selsesai pada April dan Mei 2018 akan diresmikan oleh Menko PMK dan Mendikbud di Mexico City.”

Menurut Duta Besar RI untuk Meksiko, Yusran Khan, rencana untuk mendirikan patung sang Proklamator RI tersebut diusulkan saat dia dan pelaksana fungsi sosial dan budaya KBRI Meksiko mengadakan lawatan kehormatan kepada Gubernur Kota Meksiko saat itu, Meguel Angel Mancera sekitar Juni 2016.

“Mancera setuju karena melihat latar belakang Presiden Soekarno. Mereka paham dan mengerti tentang Indonesia dan presiden pertama RI,” kata Dubes Yusra, Kamis (01/03/18). Dia menambahkan rata-rata warga Meksiko suka menekuni sejarah.

“Selain itu, Presiden Soekarno menonjol di dunia. Dia adalah satu-satunya presiden yang mengunjungi Meksiko tiga tahun berturut-turut, yakni 1959, 1960, 1961. Beliau tinggal di sini cukup lama, yakni beberapa hari,” kata Dubes yang pernah bertugas sebagai Deputi Eakil Tetap RI untuk Perserikatan Bangsa-bangsa di New York tersebut.

Saat Presiden Soekarno berkunjung, Indonesia baru saja menyelenggarakan Konferensi Asia Afrika pada 1955, dan mendorong berdirinya Gerakan Non Blok. Kehadiran Bung Karno ke Meksiko saat itu, salah sattunya untuk membujuk Meksiko bergabung dnegan GNB.

Selain itu, Bung Karno juga melihat potensi kerja sama strategis dengan Meksiko. Negara itu memilki pengeloaan baja di Monterrey.

Baca Juga:  Putin Kembali Menangkan Pilpres Rusia

Indonesia dan Meksiko juga memiliki kesamaan sejarah. Yakni sama-sama berjuang memerdekakan diri dari kolonial. Mereka juga membantu perjuangan negara-negara Afrika untuk merdeka.

“Gubernur Mancera merasa gagasan itu cocok dengan semangat yang ada di Meksiko, KAA juga sangat dihormati Meksiko. Presiden Soekarno pun tidak hanya Proklamato kemerdekaan, tetapi turut dalam pembahasan konstitusi dan dasar negara Indonesia,” kata Dubes Yusra.

Patung sang proklamator nantinya bakal setinggi 2,6 meter dengan pondasi satu meter itu dilakukan melalui sebuah sayembara. Tim juri dari Ditjen Kebudayaan Kemdikbud dibantu pematung ternama di Indonesia membantu proses pemilihan.

Edysa memenangkan sayembara karena moke up atau contoh patungnya dan karakternya mirip dengan gaya Bung Karno, dari sinilah tim juri menetapkan Edysa menjadi pemenang.

Patung Bung Karno nantinya akan diletakkan di Lomas Virreyes, sebuah taman yang terletak di kawasan paling strategis di Kota Meksiko. Di sekeliling patung, nantinya akan dibuat taman bunga. Patung akan dibangun di tengah-tengah lapangan di mana banyak orang berjalan-jalan dan berolahraga.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer