Connect with us

Other

Inilah Cara Alami Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

JARRAK.ID

Published

on

Ilustrasi (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Darah tinggi tentu menjadi masalah bagi setiap orang. Karena tekanan darah tinggi atau hipertensi bukan masalah kesehatan sepele.

Kondisi ini bisa berlanjut menjadi komplikasi yang mematikan layaknya serangan jantung, gagal ginjal, stroke, gangguan penglihatan, dan masalah lainnya, kita memang harus menjaga tekanan darah agar tetap normal.

Selain dengan obat dari dokter, adakah cara alami untuk menurunkan tekanan darah tinggi?

Seperti Dilansir dari Dokter Sehat, berikut adalah beberapa jenis rempah yang bisa dikonsumsi jika ingin menurunkan tekanan darah tinggi.

1. Kayu manis

Kayu manis ternyata juga bisa menurunkan tekanan darah dengan efektif. Hal ini disebabkan oleh tingginya kandungan antioksidan di dalam kayu manis. Bahkan, pakar kesehatan menyebut kayu manis bisa membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan lainnya seperti diabetes dan sakit kepala.

2. Bawang putih

Bawang putih ternyata juga bisa menurunkan tekanan darah. Hal ini ternyata disebabkan oleh kandungan bawang putih yang mampu membuat kadar nitric oxide di dalam tubuh meningkat.

Keberadaan zat ini ternyata bisa merangsang pembuluh darah menjadi lebih lebar. Hal ini tentu akan berimbas pada aliran darah yang lebih lancar dan akhirnya menurunkan tekanan darah.

3. Jahe

Jahe ternyata juga bisa membantu menurunkan tekanan darah. Hal ini disebabkan oleh tingginya kandungan anti peradangan di dalam jahe yang bisa membuat pembuluh darah menjadi lebih sehat. Sirkulasi darah pun akan menjadi lebih lancar sehingga otomatis membuat tekanan darah menurun.

4. Kapulaga

Pakar kesehatan menyebut kapulaga sebagai salah satu rempah yang paling ampuh menurunkan tekanan darah. Sebuah penelitian membuktikan bahwa mengonsumsi 1,5 gr kapulaga bubuk sebanyak 2 kali sehari dalam waktu 12 minggu sudah mampu menurunkan tekanan darah dengan efektif.

Baca Juga:  Cieee, Ani Yudhoyono Sakit, Presiden Jokowi Ikut Kirimkan Bunga

5. Daun basil

Daun basil yang bisa dijadikan campuran makanan ini ternyata tidak hanya cocok untuk dijadikan program diet. Rutin mengonsumsinya juga bisa menurunkan tekanan darah tinggi dengan signifikan.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer