Connect with us

Other

Inilah Buah yang Bisa Menurunkan Tekanan Darah

JARRAK.ID

Published

on

Ilustrasi (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Banyak orang yang mengonsumsi mentimun banyak-banyak demi menurunkan tekanan darah. Namun, pakar kesehatan lebih menyarankan kita untuk mengonsumsi beberapa jenis buah-buahan yang bisa membantu menurunkan tekanan darah. Apa sajakah buah sehat tersebut?

Dilansir dari Dokter Sehat, berikut adalah beberapa buah yang tinggi kandungan potasium sehingga bisa membantu menurunkan tekanan darah dengan efektif.

1. Buah jeruk

Siapa sangka, buah jeruk ternyata juga bisa membantu menurunkan tekanan darah, lho. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan potasium di dalamnya.

Selain itu, jika kita mengonsumsi 100 gram saja buah jeruk, maka kita sudah mendapatkan asupan vitamin C dan 181 miligram mineral yang bisa membantu menyehatkan pembuluh darah. Rutin mengonsumsinya juga bisa membuat sistem kekebalan menjadi lebih kuat.

2. Pisang

Tak hanya mengenyangkan, pisang juga bisa membantu menurunkan tekanan darah. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan potasium yang cukup tinggi di dalamnya.

Sebagai informasi, jika kita makan 100 gram buah pisang, maka kita sudah bisa mendapatkan 358 miligram potasium. Selain itu, kandungan serat di dalam pisang juga cukup tinggi sehingga bisa membantu mencegah kenaikan kolesterol, salah satu faktor penyebab meningkatnya tekanan darah.

3. Alpukat

Alpukat tak hanya baik untuk dikonsumsi oleh mereka yang sedang menjalani program diet. Buah yang mengenyangkan ini ternyata juga tinggi nutrisi. Kandungan potasium di dalam alpukat ternyata jauh lebih tinggi dibandingkan dengan pisang, yakni sekitar 458 miligram untuk setiap 100 gram buah ini.

4. Tomat

Selain dijadikan campuran sayur, tomat juga bisa dimakan secara utuh atau dijadikan jus. Rutin mengonsumsinya telah terbukti mampu menurunkan tekanan darah dengan efektif. Hal ini disebabkan oleh adanya 237 miligram potasium di dalam 100 gram sayuran ini.

Baca Juga:  Inilah Manfaat Mengajarkan Puasa Pada Anak

5. Jambu biji

Jambu biji atau jambu merah yang nikmat untuk dimakan langsung atau dijadikan jus ini ternyata juga bisa membantu menurunkan tekanan darah. Selain tinggi kandungan vitamin C, di dalam jambu biji terdapat kandungan potasium yang sangat tinggi. Sebagai informasi, jika kita mengonsumsi 100 gram jambu biji, kita sudah mendapatkan 417 miligram potasium.

Hanya saja, pastikan untuk tidak menambahkan gula pada jus jambu biji demi mendapatkan manfaat kesehatannya.

6. Kiwi

Buah yang memiliki rasa sedikit masam dan menyegarkan ini sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh penderita hipertensi. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan 312 miligram potasium di dalam 100 gramnya. Rutin mengonsumsinya bisa membantu menurunkan tekanan darah.

7. Delima

Buah delima yang bisa dijadikan salad atau smoothie ini juga tinggi kandungan potasium. Di dalam 100 gram buah sehat ini terdapat 236 miligram potasium yang bisa membantu mengatasi masalah hipertensi atau menurunkan tekanan darah.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Berita Populer