Connect with us

Other

Inilah 6 Makanan yang Bisa Mencegah Kanker Payudara

JARRAK.ID

Published

on

Ilustrasi (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Kanker payudara termasuk jenis kanker yang banyak menyerang wanita. Meski penyakit ini berbahaya, kanker payudara bisa dicegah. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Termasuk mengonsumsi asupan yang mampu menangkal radikal bebas penyebab kanker.

Dilansir dari Healthline, berikut berbagai asupan makanan yang bisa mencegah kanker payudara.

1. Asupan apigenin

Apigenin adalah flavonoid yang ditemukan dalam buah-buahan, sayuran, dan tanaman herbal tertentu. Karena apigenin adalah antioksidan tinggi, makanan ini jelas memiliki sifat antiinflamasi yang bisa menangkal radikal bebas penyebab kanker.

Anda bisa menemukan Apigenin dalam seledri, chamomile, bayam, parsley, ketumbar, kemangi, dan oregano.

2. Asupan asam lemak omega-3

Para peneliti dalam satu studi tahun 2015 menilai dampak potensial dari omega-3 pada wanita yang mengalami obesitas dan memiliki payudara yang padat. Dalam penelitian ini, kepadatan payudara menurun sehubungan dengan jumlah asam lemak omega-3 yang diberikan. Hal ini dianggap mengurangi keseluruhan risiko kanker payudara.

Kadar asam lemak omega-3 tinggi dapat ditemukan dalam ikan salmon, ikan sarden, dan minyak ikan.

3. Asupan asam folat

Asam folat diperlukan untuk memproduksi sel darah merah yang mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh. Asam folat juga berguna untuk membuang racun yang ada di dalam jaringan tubuh. Jadi, ketika ada radikal bebas yang masuk dalam tubuh, asam folat bertugas untuk membuangnya keluar sehingga risiko kanker pun berkurang.

Selain mencegah risiko kanker, asam folat juga membantu untuk mengurangi risiko cacat tabung saraf pada bayi saat masih berada di dalam kandungan. Kebutuhan asam folat ini bisa Anda temukan dalam alpukat, pisang, pepaya, dan melon.

4. Asupan potasium

Kandungan potasium yang terdapat dalam buah mampu meningkatkan sistem metabolisme dalam tubuh sehingga daya tahan dalam tubuh ikut meningkat. Tidak hanya itu, potasium juga mampu menjaga otot tetap sehat dengan mempertahankan kadar cairan yang dimiliki.

Anda bisa mendapatkan kandungan potasium dari buah pisang dan jeruk.

5. Asupan polifenol

Kandungan polifenol dalam buah beri, seperti blueberry dan stroberi, memiliki sifat antikanker yang baik untuk tubuh. Buah-buahan ini juga tinggi antioksidan, seperti vitamin C yang mampu menangkal radikal bebas penyebab kanker.

6. Asupan sayur

Sayuran berwarna hijau biasanya tinggi antioksidan dan serat, yang dapat membuatnya menjadi alat antikanker yang kuat. Selain itu, sayuran juga mengandung glukosinolat, sejenis bahan kimia yang dipercaya bisa melawan kanker dengan meningkatkan daya tahan tubuh manusia.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer