Connect with us

Daerah

Inilah 36 Titik Rawan Longsor di Bondowoso

MOH AIDI

Published

on

Kepala BPBD Bondowoso, Kukuh Ridjatmiko saat memberikan keterangan kepada awak media (Doc. JARRAK)

BONDOWOSO – JARRAK.ID – Ada 36 titik di Kabupaten Bondowoso yang rawan longsor dan pohon tumbang. Hal itu, perlu diketahui oleh masyarakat, mengingat dalam beberapa minggu terahir, hujan lebat disertai angin iencang masih mengguyur Bondowoso.

Adapun titik tersebut, diantaranya di daerah Kawah Ijen-Sempol-Kecamatan Ijen, yakni ada 20 titik rawan longsor, dan rawan pohon tumbang. Kemudian, di jalan arak-arak kurang lebih ada 16 titik rawan longsor.

Kepala BPBD Bondowoso, Kukuh Ridjatmiko mengatakan, selama ini pihaknya terus menyosialisasikan berbagai hal terkait dengan rawan bencana, yang sering terjadi di musim penghujan seperti saat ini.

Sosialisasi itu, kata dia, digalakkan hingga tingkat desa melalui pertemuan di lingkungan atau kegiatan seperti kifayah.

Ia juga meminta, agar jaringan komunikasi di seluruh tingkatan untuk lebih dioptimalkan. Khususnya desa-desa yang menerima hibah fasilitas dari BPBD berupa alat komunikasi.

“Diharapkan alat komunikasi tersebut pada musim-musim ini tetap di-on-kan, kemudian selalu berkomunikasi dengan Pos Komando,” terangnya.

Menurutnya, Posko di BPBD itu 24 jam, dan sudah ada di 43 desa yang menerima fasilitas alat komunikasi.

BPBD memiliki respone time selama 15 menit. Yakni dimulai dari informasi didapat, yang kemudian diikuti gerak cepat komunikasi dan tindakan di lapangan selama 15 menit.

“Begitu informasi kami terima, dimana pun tempatnya, 15 menit paling lama itu sudah ada action di lapangan,” tandasnya.

Dengan demikian, tempat-tempat yang sedang mengalami longsor, atau pohon tumbang di Bondowoso segera ditangani oleh BPBD.

Advertisement

Populer