Connect with us

Elektoral

Ini Tujuh Partai yang Usung Jokowi Selain PDIP

JARRAK.ID

Published

on

JAKARTA-JARRAK.ID- Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) melalui ketua umumnya Megawati Soekarnoputri telah mendeklarasikan pengusungan Joko Widodo sebagai Capres PDIP 2019. Keputusan itu disampaikan Megawati pada Rakernas III di Bali di depan ribuan kader yang dilaksanakan tertutup.

Partai berlambang banteng ini menjadi partai kedelapan yang mendukung Joko Widodo sebagai capres pada pemilu 2019 besok. Sebelum PDIP, sudah ada tujuh partai lain yang lebih dahulu menyampaikan dukungan kepada Jokowi dua periode.

Paling awal, Partai NasDem menyatakan dukungan kepada mantan Gubernur Jakarta itu. Dukungan NasDem disampaikan langung oleh Ketua Umum Surya Paloh saat deklarasi dukungan kepada Ridwal kamil pada Pilgub Jawa Barat, 19 Maret tahuhn lalu.

“Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, Partai NasDem dengan resmi mencalonkan kembali Presiden Joko Widodo,” ucap Surya Paloh saat mebuka Rakernas IV dan HUT ke-6 NasDem, November tahun lalu.

Selain NasDem, dukungan kepada Joko Widodo mengalir deras dari partai lain. Dukungan itu disampaikan oleh Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Golkar, Partai Persatuan Pembangunan, Hanura, Perindo, dan Partai Keadilan Persatuan Indonesia (PKPI).

Di antara delapan partai yang mendeklarasikan dukungannya kepada mantan Wali Kota Solo itu, hanya partai PKPI yang dinyatakan tidak lolos verifikasi KPU. Meski begitu, Partai PKPI masih melakukan upaya hukum dan menggugat keputusan KPU.

Hingga PDIP menyampikan dukungannya kepada Joko Widodo kemarin, belum ada informasi terkait calon wakil presiden yang hendak disandingkan dengan Jokowi.

Meski begitu, telah banyak nama-nama yang santer diberitakan media bakal mendampingi Jokowi pada Pilpres 2019 besok, seperti Ketua Umum PPP Romahurmuzy, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, dan Komandan Kogasma Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)

Baca Juga:  Pengamat UGM: Poros Ketiga Masih Berpeluang Terbentuk

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer