Connect with us

Other

Ini Tips Efektif Mencegah Bau Mulut Selama Melaksanakan Puasa

JARRAK.ID

Published

on

Ilustrasi (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Bau mulut adalah sesuatu yang lumrah bagi siapapun yang melaksanakan ibadah puasa, terutama di bulan Ramadhan seperti sekarang.

Namun sebenarnya ada cara mudah yang bisa dilakukan untuk mencegah bau mulut selama melaksanakan puasa. Dokter spesialis gizi klinis dari RS Pondok Indah dr Juwalita Surapsari, MGizi, SpGK memberikan tips mudah untuk menghindari bau mulut selama puasa.

“Yang pertama sih hidrasi harus cukup, minum harus cukup, 2-4-2 harus benar-benar dijalanin, karena bau mulut kan juga karena mukosanya kering,” ujarnya saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Selasa, (07/05/2019).

Selain itu, kita memang dianjurkan untuk minum air putih 8 gelar setiap hari agar kebutuhan tetap terpenuhi selama melaksanakan puasa. dr Juwalita mengatakan bisa menggunakan formasi 2-4-2. Yaitu 2 gelas saat berbuka, 4 gelas saat malam yang terbagi segelas sebelum makan malam, dua gelas sehabis makan malam, dan satu gelas sebelum tidur. Dan 2 gelas saat sahur.

“Kalau makanan-makanan sih sebetulnya makanan berbau tajam kayak misalnya bawang-bawangan boleh dikonsumsi sih, tapi setelah itu jangan lupa perhatikan kesehatan rongga mulut, sikat gigi yang penting,” sarannya.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer