Connect with us

Politik

Ini Saran KPK Kepada Jokowi Soal Pembentukan Kabinet Baru

JARRAK.ID

Published

on

Presiden Joko Widodo diminta menunjuk orang yang memiliki kompetensi untuk menempati poisisi menteri dalam pemerintahan selanjutnya (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang berharap Joko Widodo memilih orang-orang yang berintegritas untuk mengisi kabinet di pemerintahan periode selanjutnya.

Demikian disampaikan Saut, usai pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin diputuskan sebagai pemenang Pilpres 2019.

“Pertama memang harus zero tolerance. Dengan zero tolerance kita di situ tegas bahwa sekecil apapun pelanggaran itu harus ada sanksinya,” jelasnya di gedung Merah Putih KPK,Jakarta, Selasa, (21/05/2019).

Dengan menekan pelanggaran menurutnya, pemerintah bisa fokus pada strategi nasional yang berdasarkan pada tiga prioritas, yakni pendapatan negara, perizinan, dan penegakan hukum.

Saut juga mendukung pembentukan kabinet dari jajaran ahli dan profesional. Hal ini dimaksudkan untuk menekan potensi pelanggaran hukum.

“Tapi integritas saja tidak cukup juga karena kita sehari-hari berhadapan dengan variabel-variabel yang sulit, ekonomi, kerusakan lingkungan, perizinan penegakan hukum,” jelas dia.

KPU sebelumnya telah mengumumkan rekapitulasi akhir penghitungan suara Pilpres 2019. Paslon 01 Jokowi-Ma’ruf memperoleh 85.607.362 suara atau setara dengan 55,50 persen dari total suara sah di Pilpres 2019 sebanyak 154.257.601 suara.

Sementara Prabowo-Sandi mendapat 68.650.239 suara. Dengan kata lain, paslon 02 itu meraih 44,50 persen dari total suara sah.

Jika tak ada gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK), KPU akan menetapkan hasil ini sekaligus menetapkan Presiden dan Wakil Presiden terpilih paling lambat Jumat 24 Mei.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer