Connect with us

Daerah

Ini Jumlah Uang yang Disita KPK dalam OTT Gubernur Kepri Nurdin Basirun

JARRAK.ID

Published

on

Gubernur Kepulauan Riau, Nurdin Basirun (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengaankan uang sebesar Rp730 juta, dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap Gubernur Kepulauan Riau, Nurdin Basirun.

“Tim KPK mendapatkan informasi akan ada penyerahan uang di Pelabuhan Sri Bintan Tanjung Pinang. Setelah dilakukan pengecekan di lapangan, diketahui adanya dugaan penyerahan uang,” kata Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan saat konferensi pers di Gedung KPK, Kamis (11/07/2019).

Selain itu, KPK juga mengamankan uang pecahan dolar Singapura sebesar 6 ribu dari Kabid Perikanan Tangkap, Dinas Kelautan dan Perikanan Kepulauan Riau, Budi Hartono.

“Dari BUH, KPK mengamankan uang sejumlah SGD 6.000,” jelas Basaria.

Selain itu, lanjut Basaria, tim KPK juga mengamankan uang dari pihak lain yang ikut terjaring OTT KPK.

“Secara paralel, KPK mengamankan NBA (Nurdin), Gubernur Kepri 2016-2021 di rumah dinasnya,” ujar Basaria. Selain Nurdin, KPK juga menangkap Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kepulauan Riau, Nilwan (NWN).

Di rumah dinas Nurdin Basirun, KPK juga mengamankan sejumlah uang dengan rincian sebagai berikut, SGD 43.942 atau senilai Rp 520 juta, USD 5.303 atau senilai Rp 75 juta, 5 euro atau senilai Rp 80 ribu, 407 Ringgit Malaysia atau senilai Rp 1,4 juta, 500 Riyalenilai Rp 1,8 juta dan Rp 132.610.000

“Setelah itu tim KPK membawa NBA dan NWN ke Kepolisian Resor Tanjungpinang,”ungkapnya.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer